MUI Soroti Film ‘?’ Karya Hanung

Film “?” karya Hanung Bramantyo mendapat sorotan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kamis, 14 April 2011 siang, lembaga ini melakukan rapat tertutup di kantornya Jakarta. Dalam rapat itu, mereka juga mengundang produser film itu, Erick Tohir.

Jakarta -Film “?” karya Hanung Bramantyo mendapat sorotan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kamis, 14 April 2011 siang, lembaga ini melakukan rapat tertutup di kantornya Jakarta. Dalam rapat itu, mereka juga mengundang produser film itu, Erick Tohir.

“Kami tadi berdiskusi mengenai film ini,” ujar Wakil Ketua Dewan Pimpinan Harian Majelis Ulama Indonesia (MUI), Slamet Effendy Yusuf, saat dihubungi Tempo, Kamis 14 April 2011.

Sayang Slamet enggan membuka hasil diskusi itu. “Ini rapat tertutup, jadi hasilnya juga tertutup,” ujarnya.

Dalam rapat itu MUI memutuskan membentuk tim untuk melakukan penilaian dan melakukan langkah-langkah lanjutan terhadap film yang tengah diputar di beberapa bioskop di Indonesia ini. “Saya sendiri yang bertindak sebagai ketua tim,” katanya.

Slamet membantah kabar lembaganya mengeluarkan fatwa haram terhadap film itu. “Tidak ada keputusan MUI yang menyatakan itu haram,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua MUI Pusat Bidang Budaya, Cholil Ridwan, kepada sebuah media menyatakan bahwa film “?” haram karena menyebarkan faham sekularisme, liberalisme dan pluralisme yang sudah diharamkan oleh MUI sebelumnya.

Soal ucapan Cholil Ridwan, Slamet mengatakan bahwa itu pernyataan pribadi. “Jadi bukan pernyataan institusi MUI. Tidak mungkin MUI memutuskan sesuatau haram atau halal semudah itu,” katanya.(tempointeraktif.com/mui.or.id)


Jakarta Islamic Centre

Read Previous

Lia Eden Hirup Udara Bebas

Read Next

Sisi Romantis Rasulullah SAW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + 17 =