PAMERAN MATRAKCI NASUH, ULAMA JENIUS TURKI DIGELAR

JIC – Kantor kepresidenan Turki belum lama ini menggelar sebuah pameran seorang tokoh intelektual Muslim dan ulama di era Turki Utsmani, Matrakci Nasuh.

Dibuka di Belgrade, sejak Selasa pekan ini, pameran tersebut menampilkan sejumlah fitur dan karya-karya klasik Matrakci Nasuh. Dikenal sebagai sosok yang berpengaruh pada abad ke-16 atas prestasinya dalam bidang matematika, sejarah dan miniatur artistik.

Dikutip dari Worldbulletin, pameran bertajuk “Matrakci Nasuh: A Century Genius 16“, dibuka di Museum Etnografi hingga tanggal 15 Oktober 2015 ini.

Sebelumnya pameran serupa telah ditampilkan di Sarajevo. Pameran in pun akan dipentaskan berkeliling dunia ke kota-kota lain, termasuk Istanbul, Paris dan New York.

Lahir di kota Visoko, Bosnia pada tahun 1480 M, Nasuh bergabung dengan kesultanan Turki sebagai seorang ksatria ‘janisari’. Ia menunjukkan keterampilan militer yang luar biasa dan menciptakan Matrak – permainan pedang yang digunakan untuk pelatihan tempur.

Ia juga menulis buku tentang perang, sejarah dan matematika dan merupakan miniaturis berbakat yang menciptakan gaya baru lukisan berfokus pada pemandangan.

Ulang tahun 450 dari kematiannya juga diperingati oleh UNESCO tahun lalu. [civilita.com]

Sumber: Worldbulletin

Write a Reply or Comment

9 + 3 =