PEMPROV DKI BEBERKAN RENCANA ATASI SAMPAH DI TELUK JAKARTA

JIC – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki rencana untuk mengatasi masalah sampah di Teluk Jakarta, Muara Angke, antara lain akan disiapkan jaring-jaring di aliran sungai agar sampah tidak terbawa hingga ke laut.

“Nanti akan disiapkan jaring-jaring untuk sampah yang keluar dari sungai-sungai di DKI,” kata Anies di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Ahad (18/3), demikian laporan InfoPublik.

Anies menjelaskan, pemasangan jaring sampah ini akan dilakukan di sejumlah titik sepanjang aliran sungai menuju ke muara. Tak hanya itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan terkait pemasangan jaring sampah ini.

“Bukan hanya di teluk, nanti pemasangan jaring-jaring itu sepanjang sungai sampai ke muara, sehingga bukan hanya di ujungnya. Kalau hanya di ujung saja nanti berat dan menumpuk. Kita harapkan juga sungai-sungai di kanan kiri Jabodetabek juga ikut membuat jaring-jaring yang sama,” ujar Anies.

Untuk menyiapkan hal ini, Anies mengaku telah berkoordinasi dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Dirinya menyebut jaring sampah itu akan disiapkan oleh pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Saya sudah bicara dengan Bu Susi kita akan mendapatkan jaring-jaring juga nanti dari KKP yang akan dipakai untuk menghentikan sampah-sampah agar tidak sampai mengalir ke muara,” katanya.

Anies juga menyebut jumlah sampah yang terkumpul di Ibu Kota mencapai 7 ribu ton. Dinas Lingkungan Hidup Jakarta berjibaku untuk membersihkan sampah-sampah itu.

“Sebenarnya kalau jumlah ton nya, sampah per hari gitu 7.000 ton ya Jakarta. Memang kotor dan harus bersihkanlah, biar Lingkungan Hidup akan bersih,” pungkas Anies.

Sumber : mirajnews.com

Write a Reply or Comment