PEMPROV DKI JAKARTA LEPAS 50 KAFILAH MTQ NASIONAL KE SUMATERA UTARA

JIC – Kafilah Provinsi DKI Jakarta pada MTQ Ke-XXVII Tingkat Nasional Tahun 2017 di Provinsi Sumatera Utara dilepas oleh Bapak Gubernur Provinsi DKI Jakarta pada Kamis (4/10) Pukul 10.00 di Balai Agung Provinsi DKI Jakarta. MTQ Nasional XXVII Tahun 2018 dilaksanakan di Kota Medan dan Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 4 s.d. 13 Oktober 2018. Kafilah Provinsi DKI Jakarta akan berangkat pada tanggal 4 Oktober 2018, dan kembali pada tanggal 14 Oktober 2018.

MTQ Nasional direncanakan akan dibuka oleh Presiden RI pada tanggal 7 Oktober 2018 pukul 19.30 di Astaka Panggung Utama, dan ditutup oleh Wakil Presiden RI pada tanggal 12 Oktober 2018 Pukul 19.30 ditempat yang sama.

Cabang yang dilombakan sebanyak 7 Cabang terdiri dari 21 Golongan Putra-Putri. Terdiri dari :

  1. CABANG TILAWAH, terdiri dari: Golongan Tartil, Golongan Anak2, Golongan Remaja, Golongan Dewasa, Golongan Canet (cacat netra) dan Golongan Qiroat Sab’ah.
  2. CABANG TAHFIDZ, terdiri dari: Golongan 1 Juz + Tilawah, Golongan 5 Juz + Tilawah, Golongan 10 Juz, Golongan 20 Juz, dan Golongan 30 Juz.
  3. CABANG TAFSIR, terdiri dari: Tafsir Bahasa Arab, Tafsir Bahasa Indonesia, dan Tafsir Bahasa Inggris.
  4. CABANG KALIGRAFI, terdiri dari: Golongan Naskah, Golongan Hiasan Mushaf, Golongan Dekorasi, dan Golongan Kontemporer.
  5. CABANG SYARHIL QUR’AN
  6. CABANg FAHMIL QUR’AN
  7. CABANG MAQALAH AL-QUR’AN (MMQ)

Kafilah Provinsi DKI Jakarta akan mengikuti semua Cabang dan Golongan dengan mengikutsertakan sebanyak 50 orang peserta inti yang sudah didaftarkan secara online melalui E-MTQ Nasional.

Jumlah Kafilah Provinsi DKI Jakarta terdiri dari 100 orang yakni peserta Inti sejumlah 50 orang peserta Putra dan Putri, peserta Cadangan sejumlah 6 orang, Pelatih Pendamping sejumlah 10 orang, Official sejumlah 25 orang dan Pengarah/Pembina dan Pengawas sebanyak 7 orang.

Kegiatan Pendukung dalam MTQ Nasional 2018 ini Provinsi DKI Jakarta juga berpartisipasi dalam kegiatan pendukung MTQ Nasional dalam bentuk:

  1. Pameran Lembaga-lembaga Keagamaan, pada kesempatan tahun ini Provinsi DKI Jakarta mengusung tema stand “Mushaf Betawi”.
  2. Pawai Ta’aruf Kendaraan Hias, pada kesempatan tahun ini mengusung tema “Rumah Abaya sebagai Sarana Dakwah”

Untuk mempersiapkan Duta Provinsi DKI Jakarta yang tangguh untuk mengikuti MTQ Nasional XXVII tahun 2018, LPTQ Provinsi DKI Jakarta telah melaksanakan proses seleksi dan pelatihan sebagai berikut:

  1. Seleksi Peserta secara berjenjang melalui MTQ di tingkat Kecamatan dilanjutkan dengan MTQ di Tingkat Kota/Kabupaten dan MTQ di Tingkat Provinsi pada bulan Oktober s.d. Desember 2017.
  2. Pemusatan Latihan/Training Center (TC) Mobile yang dilaksanakan pada bulan Februari s.d. April (24x pertemuan) bertempat di IPTIQ dan IIQ.
  3. Pemusatan Latihan/Training Center (TC) Full Duta yang terbagi menjadi 2 tahap (Tahap I: 25 Agustus – 13 September 2018, Tahap II: 24 September – 3 Oktober 2018), dimana 56 orang Peserta dikarantina dan dimonitor setiap hari selama 30 hari berlokasi di Wisma Syahida Inn UIN Jakarta dengan melibatkan sebanyak 47 orang Pelatih.
  4. Try Out dan simulasi dengan menghadirkan pelatih dan peserta menggunakan e-maqro atau soal digital

Pada MTQ Nasional XXVI tahun 2016 Provinsi DKI Jakarta meraih Juara ke-2, dan target Kafilah Provinsi DKI Jakarta pada MTQ Nasional XXVII Tahun 2018 adalah meraih Juara Umum. Untuk itu mohon dukungan dan do’a dari warga DKI Jakarta untuk kesuksesan Kafilah Provinsi DKI Jakarta semoga diberikan yang terbaik. Aamiin. (LPTQ Provinsi DKI Jakarta)

Write a Reply or Comment

16 + 13 =