PENGUMUMAN PENYELENGGARAAN IBADAH SHALAT DI MASJID RAYA JAKARTA ISLAMIC CENTRE

بسم الله الرحمن الرحيم

Menimbang :

  1. Bahwa berdasarkan Data Pantauan COVID-19, penderita positif COVID-19 disekitar wilayah Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPPIJ) Jakarta Islamic Centre Jalan Kramat Jaya Koja Jakarta Utara semakin bertambah jumlahnya;
  2. Bahwa untuk mencegah terjadinya kemudharatan dan bahaya yang lebih besar perlu langkah-langkah untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan PPPIJ.

Memperhatikan :

  1. Himbaun Presiden Republik Indonesia kepada masyarakat agar melaksanakan ibadah di rumah selama sedang terjadi wabah pandemi virus Covid-19.
  2. Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah Dalam Situasi Terjadi Wabah COVID-19 tertanggal 16 Maret 2020;
  3. Surat Edaran ke-2 Dewan Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia untuk mencegah penyebaran Covid-19 tertanggal 19 Maret 2020.
  4. Seruan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta nomor 4 tahun 2020 tentang menjaga jarak aman antar warga dalam bermasyarakat (Social Distancing Measure) Dalam Rangka antisipasi dan Pencegahan Penularan Corona Virus Diease (COVID-19) di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta tertanggal 18 Maret 2020.
  5. Penjelasan Ketua MUI Provinsi DKI Jakarta, Ketua DMI Provinsi DKI Jakarta,

Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta,  Camat Koja, Kepala Puskesmas Kecamatan Koja dan Lurah Tugu Utara pada konsultasi (tahqiqul manath) upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPPIJ).

Maka untuk sementara waktu mulai hari Jum’at tanggal 20 Maret sampai dengan hari Sabtu tanggal 4 April 2020 Masjid Raya Jakarta Islamic Centre tidak menyelenggarakan kegiatan peribadatan Shalat Jum’at, Shalat Fardhu Lima Waktu dan Shalat Sunnah.

Pengumandangan adzan tetap dilaksanakan di Masjid Raya Jakarta  Isalmic Centre untuk mengingatkan waktu shalat dengan mengganti lafadz hayya ‘ala alshalah dan hayya ‘alal alfalah dengan Alshalatu fi buyutikum atau Shalluu fi buyutikum.

Sebagai pengganti shalat Jum’at para jamaah Masjid Raya Jakarta Islamic Centre dihimbau untuk melaksanakan shalat dhuhur di rumah masing-masing. Semoga Allah swt melindungi kita semua dari bencana, membukakan pintu hati dan jiwa kita, agar selalu berada di jalan-Nya, menajamkan akal dan hati kita sehingga bisa mengambil pelajaran atas apa yang terjadi di muka bumi ini. Amin.

Jakarta, 19 Maret 2020

Badan Manajemen Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPPIJ) Jakarta Islamic Centre (JIC).

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

VIRUS CORONA: UMKM DITERJANG PANDEMI COVID-19 SAMPAI ‘KEMBANG KEMPIS’

Read Next

PENJELASAN KH CHOLIL NAFIS SOAL SHOLAT JUMAT DAN CORONA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − twelve =