PENTINGNYA MENJAGA LISAN

Kenapa sih kita harus menjaga lisan kita?

pentingnya menjaga lisan_radio jic

JIC – Menjaga lisan ini adalah perkara yang tidak mudah. Kita harus menjaga lisan kita jangan sampai ketika kita berbicara kita menyakiti hati saudara kita. Kita harus menjaga lisan kita agar tidak mudah bergunjing, tidak mudah membicarakan orang lain. Apabila kita sudah membicarakan orang lain pasti kita akan membicarakan hal-hal negatif orang tersebut, atau mungkin bila kita berkumpul dan kejebak dengan membicarakan orang lain upayakan kita membicarakn hal positif yang terdapat dalam diri orang tersebut agar dapat memotivasi kita untuk bisa baik dari orang yang kita bicarakan.

Penting bagi umat Islam untuk menjaga lisannya. Apalagi seorang muslimah yang akan menjadi ibu bagi buah hatinya dan tentu akan menjadi contoh bagi anak-anaknya dalam hal berbicara. Bahkan wanita adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya, sehingga wanita betul-betul bisa memberikan contoh yang baik kepada anak-anaknya.

Kalau kita lihat, lisan ini adalah salah satu nikmat Allah yang dikaruniakan kepada kita yang merupakan anggota tubuh manusia yang cukup kecil dibandingkan dengan anggota tubuh lainnya. Cukup hanya mendengarkan suara ini sudah bagian dari lisan.

Setiap muslim akan memperhatikan apa yang diucapkan, karena bisa jadi seseorang mengganggap ucapannya hanya perkataan yang sepele tetapi ternyata hal tersebut akan mendatangkan murka Allah SWT . Rasulullah SAW bersabda “Panggillah temanmu dengan sapaan/panggilan yang baik”. Karena nama itu doa pasti orang tua memiliki satu tujuan dengan memberikan nama , kita juga sebagai temannya juga sudah sepatutnya memanggil teman kita dengan panggilan yang baik.

Kita juga harus menahan lisan kita agar tidak menyakiti saudara kita, kadang sedang ngobrol dengan asyik ternyata ada beberapa hal yang membuat saudara kita berkecil hati atau bahkan tersinggung.

Ada beberapa hal agar kita dapat menjaga lisan kita dari perkara yang tidak bermanfaat di antaranya:

  1. Berzikir : Dengan berzikir kita bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah
  2. Bertutur kata dengan yang baik dan bermanfaat
  3. Berfikir dahulu sebelum berbicara

Muslim yang baik adalah muslim yang menjaga sikap dan lisannya, jangan sampai kita menyakiti fisik ataupun hatinya. Karena semua sudah ada tolak ukurnya dan Allah SWT pasti menilai dari apa yang perbuat dan ucapkan. Semoga kita tetap terus  menjaga lisan kita  karena ganjarannya adalah surga dan terhindar dari api neraka. [[email protected]@]

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

TELKOMSEL TINGKATKAN LAYANAN DI ARENA MTQ NASIONAL

Read Next

GELARAN MTQ NASIONAL NTB AKAN CATAT DUA REKOR MURI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − 1 =