PENTINGNYA SALING MEMAHAMI

pentingnya saling memahami_jic

JIC – Di dalam kehidupan kita dituntut untuk memahami persoalan yang ada, dan Insya Allah dapat menghadapi setiap persoalan antara sesama manusia serta memahami persoalan yang ada di antara manusia itu sendiri. Ini adalah persoalan penting, oleh akrena itu, di dalam Islam ada nilai tafahum (saling memahami) yang harus dimiliki oleh kedua belah pihak baik.

Terkadang realita yang terjadi dalam kehidupan ini kerap kali kita ingin selalu dimengerti, lebih mengedepankan ego sendiri. Sedangkan Islam mengajarkan kita agar mendahulukan memahami orang lain.

Memahami orang lain memang hak bagi kita, namun apa salahnya jika kita lebih dahulu memahami orang lain. Karena apa yang telah kita perbuat (kebaikan) akan membuahkan hasil. Apapun perbuatan baik kita tidak akan sia-sia. Dan perbuatan baik kita terhadap orang lain akan menjadi nilai kebaikan di sisi Allah SWT.

Dalam QS. Al-Hasyr : 9-10 dikisahkan tentang bagaimana kaum anshar dan muhajirin saling memahami satu sama lain. “Dan orang yang telah menempati kota Madinah dan telah beriman (anshar) sebelum kedatangan mereka muhajirin…mereka (anshar) mencintai orang yang berhijrah kepada mereka (muhajirin) dan mereka (anshar) tidak menaruh kekirian kepada mereka di dalam hati mereka terhadap apa yang telah diberikan kepada mereka (muhajirin), dan mereka mengutamakan (orang-orang muhajirin) atas diri mereka sendiri sekalipun mereka dalam kesusahan”.

“Dan siapayang dipelihara dari kekirian dirinya, mareka itulah orang yang beruntung. Dan orang yang datang sesudah mereka (muhajirin dan anshar) mereka berdoa “Yaa Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang beriman Yaa Rabb kami, sesungguhnya engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang”.

Tidak hanya tertuang dalam puisi yang indah, tidak hanya dengan tertuang dalam konsep tetapi menjadi realita dalam kehidupan nyata. Bila nilai ini dapat direalisasikan dalam kehidupan nyata, memahami orang lain bahkan mendahulukan orang lain. Prilaku ini merupakan akhlak terpuji sehingga akan terciptanya sebuah kebersamaan untuk nilai ukhuwah di dalam kehidupan kita. Semoga bermanfaat. [[email protected]@]

Sumber: Program Addinu nasihah_Radio JIC

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

WAHAI WANITA, JANGAN TERLENA DENGAN KECINTAAN DAN KEBENCIANMU

Read Next

TAWARKAN ROTI HALAL, KAMPOENG BAKERY DIBUKA DI BANDUNG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 16 =