PENYEBAB SEDEKAH DITERIMA

JIC – Umat Islam tidaklah asing dengan amalan sedekah. Bahkan kini sedekah sudah menjadi tren bagi umat Islam kekinian. Sedekah mengandung dua aspek kesalehan yaitu individu dan sosial. Manfaatnya tidak hanya untuk diri sendiri, melainkan juga orang lain. Tak hanya itu, kebaikan sedekah juga tidak berhenti ketika seseorang meninggal dunia. Sehingga, memperbanyak sedekah sangat dianjurkan sebagai jariyah baik di dunia maupun di akhirat.

Ada banyak hal yang menjadi sebab sedekah diterima Allah SWT. Seperti diuraikan oleh Abu Laist Al Samarqandi dalam kitab Tanbihul Ghafilin. Beberapa itu seperti sedekah berasal dari sumber yang halal. Apalagi, jika harta untuk sedekah didapat dari hasil keringat sendiri.

Sedekah Ketika Sedikit Harta

Ke dua, sedekah dijalankan ketika memiliki sedikit harta. Ke tiga, bersedekah sesegera mungkin karena khawatir tidak sempat melakukannya. Ke empat, bersedekah dengan harta terbaik dengan alasan berpotensi menjadi bakhil jika menyimpannya. Bukan bersedekah karena barang sudah tidak diperlukan atau karena sudah usang.

Hal ini seperti disebutkan dalam firman Allah SWT dalam Surat Al Baqarah ayat 267.

” Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.”

Ke lima, bersedekah secara diam-diam karena takut riya. Karena riya dapat menghanguskan pahala sedekah. Keenam, tidak mengharapkan balasan karena khawatir pahala sedekah seperti dijanjikan Allah hilang. Sedangkan ketujuh, tidak mengungkit sedekah yang sudah diberikan demi menjaga diri agar tidak menyakiti orang lain.

Sumber : dream.co.id

Write a Reply or Comment

twenty − three =