PERMUDAH JAMAAH DISABILITAS, UEA GARAP KONSEP MASJID PINTAR

JIC – Sebuah konsep majid pintar digagas oleh Departemen Urusan Islam dan Kegiatan Amal (DIACA) baru-baru ini di Uni Emirat Arab (UEA). Lembaga tersebut meluncurkan interaktif virtual pertama di dunia. Masjid tersebut akan menggunakan teknik kecerdasan buatan, yang mendukung proses transformasi digital dan memenuhi kebutuhan orang-orang penyandang disabilitas.

Masjid yang mengikuti rasionalisasi dan standar lingkungan hijau terbaru, itu dijadwalkan akan selesai pada awal 2020. Masjid pintar tersebut dilaporkan menelan total biaya 20 juta dirham.

Seperti yang dilansir dari publikasi Gulf Today, Jumat (13/04/2018), DIACA bekerja sama dengan Willitech co., Mulai meletakkan batu fondasi masjid di Al Nahda 1 di Al Ittihad Road. Masjid pintar ini hadir sebagai bagian dari inisiatif untuk membangun masjid hijau yang ramah lingkungan, yang mempertimbangkan masyarakat dengan kebutuhan khusus.

“Sebuah peta jalan yang digambarkan di masjid pintar tersebut akan memandu orang-orang berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas, mulai dari kedatangan mereka di tempat parkir masjid hingga ke tempat wudhu dan ruang ibadah tanpa bergantung pada siapa pun,” tulis Gulf Today.

Keunggulan lainnya masjid itu berisi perangkat pintar untuk mengetahui jumlah jemaah dan penggunaaan energi matahari dalam segala hal.

“Masjid juga berisi papan interaktif yang bertujuan untuk mengeksplorasi pandangan, keluhan, saran jemaah yang beribadah dan bagaimana cara menyumbang ke masjid,” tulisnya.

Sumber : gomuslim.co.id

Write a Reply or Comment