TIPS PERSIAPAN MUSLIMAH MENJELANG RAMADHAN

JIC – Ramadhan 1438 H jatuh pada tanggal 27 Mei 2017. Artinya tinggal menghitung hari, memasuki bulan suci dan bulan mulia yaitu bulan Ramadhan, khusus bagi para muslimah, inilah beberapa tips yang perlu dipersiapkan untuk ramadhan nanti  ya.

Persiapan ma’nawiyah (spiritual)

Persiapan ma’nawiyah bisa dilakukan dengan memperbanyak ibadah sebelum Ramadhan tiba, seperti memperbanyak puasa sunnah, membaca Al-Qur’an, berdo’a, berdzikir dan lain-lain.

Persiapan fikriyah (akal)

Persiapan fikriyah dapat dilakukan dengan mendalami ilmu, khususnya ilmu yang berkaitan dengan ibadah Ramadhan, dan lebih khusus lagi ilmu yang terkait dengan puasa, agar memiliki wawasanyang benar tentang Ramadhan dan puasa Ramadhan, hingga nantinya ketika menjalani ibadah Ramadhan dapat melakukannya dengan optimal dan dapat meraih hasil yang maksimal.

Persiapan jasadiyah (fisik)

Persiapan jasadiyah dapat dilakukan dengan menjaga kesehatan, diantaranya dengan cara berolahraga, menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, dan hanya mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal, sehat dan menyehatkan. Ini penting karena rangkaian ibadah yang telah terformat selama Ramadhan hanya akan bisa dilaksanakan dengan optimal oleh orang yang memiliki kesehatan prima.

Persiapan maliyah (materi)

Persiapan maliyah bisa dilakukan dengan menabung sebagian harta kita sebagai bekal berinfaq selama Ramadhan.

Persiapan hati

Persiapan hati untuk lebih taat dan lebih istiqomah buat berhijab syari. Waktu bulan ramadhan adalah bisa jadi jalan awal untuk mulai berhijab syari. Kalau selama ini mungkin masih minder atau hal lain maka di bulan ini bisa jadi merupakan salah satu titik balik buat TOTAL syari.

Itulah beberapa tips yang bisa diaplikasikan pada bulan Ramadhan. Yuuukkkk segera dipersiapkan menyambut bulan penuh keberkahan.

Sumber : alilahijabku.com

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

SATU TAHUN MILAD KOMUNITAS ODOJ JIC

Read Next

INILAH CARA RASULULLAH SAMBUT RAMADHAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + 3 =