PERTAMA DI DUNIA, BUKU INI BERISI KURIKULUM PENDIDIKAN DARI EMPAT IMAM MAZHAB

JIC, YOGYAKARTA — Selama ini buku kurikulum pendidikan hanya megacu pada salah satu Imam Mahzab. Karena itu, Sang Penulis, Pahrurroji M. Bukhori mengklaim bahwa karya bukunya kali ini merupakan buku kurikulum pertama di dunia yang mengacu pada empat Imam Mazhab sekaligus.

“Ini buku kurikulum paling holistik, karena mengacu pada empat Imam Mazhab,” ujar Pahrurroji pada peluncuran buku di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta pada, Rabu (09/08/2017).

Dirinya yakin akan hal itu karena buku setebal sekitar 400 halaman itu mencakup kurikulum pendidikan dari Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam asy-Syafi’i dan Imam Ahmad bin Hanbal.

Ia berinisiatif untuk membuat buku ini karena menyadari bahwa sebagian masyarakat jika mendengar nama keempat imam itu maka yang tergambarkan adalah sosok para tokoh dalam kajian ilmu hukum Islam atau Fiqih.

Padahal, keempat imam itu merupakan pribadi yang malang melintang dalam kajian Pendidikan Islam. Jika dikaji lebih dalam lagi, didapati bahwa empat Imam Mahzab itu adalah para ulama terdepan sebagai role model dalam kajian Pendidikan Islam. Baik sebagai praktisi maupun teoritisi.

“Bahkan bisa dipastikan ada banyak ulama di kemudian hari yang menjadikan figur empat Imam Mahzab tersebut sebagai inspirasi sekaligus pijakan dalam keilmuan dan pendidikan mereka,” ujarnya.

Karena ini merupakan buku pertama di dunia, ia pun mengaku sempat kesulitan dalam mencari referensi. Sebenarnya, buku ini merupakan karya disertasi Pahrurroji yang kemudian dicetak secara masal dalam bentuk buku.

Menurutnya, meski sempat mengalami kesulitan dalam mencari literatur dan referensi, buku ini ia susun hanya dalam waktu sekitar tiga bulan. Melalui karyanya ini, diharapkan dapat memberikan pencerahan baik bagi akademisi, masyarakat umum maupun para santri di Madrasah.

Buku ini juga menyajikan biografi setiap Imam Mahzab secara komprehensif baik dari sisi kiprah serta pemikiran masing-masing Imam Mahzab tersebut.

Buku ini terdiri dari lima bab yang diawali dengan bab mengenai potret pendidikan di Indonesia. Bab dua dalam buku ini membahas mengenai pendidikan Islam mulai dari pengertian, prinsip umum, dan signifikansi pendidikan Islam.

Selanjutnya, bab tiga membahas mengenai kisah hidup keempat Imam Mahzab. Kemudian dilanjutkan dengan model kurikulum Pendidikan Islam menurut masing-masing Imam Mahzab.

Untuk bab terakhir, buku ini ditutup dengan bab yang membahas mengenai implementasi kurikulum Pendidikan Islami. Hal itu terbagi dari sub bab yang membahas mengenai tujuan, isi dan materi, strategi, evaluasi, indikator dan silabus kurikulum Pendidikan Islam.

Pihaknya bersyukur karena apa yang ia sampaikan dalam buku ini mendapat apresiasi positif dari Kementerian Agama. Hal itu dibuktikan dengan adanya kata pengantar yang disampaikan oleh Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Nur Kholis Setiawan.

Sumber ; gomuslim.co.id

Write a Reply or Comment