RAMADHAN BERBAGI JAKARTA ISLAMIC CENTRE

JIC—Ramadhan memang istimewa bagi kaum Muslim. Pasalnya, Allah SWT telah memenuhi bulan itu dengan keberkahan, rahmat, dan ampunan yang melimpah ruah. Masjid-masjid, majelis taklim, forum-forum kajian keislaman, dan sejenisnya penuh sesak dipadati oleh kaum Muslim. Suara-suara ayat suci al-Quran lebih sering terdengar, Busana Muslimah menjadi pemandangan sehari-hari. Media massa—terutama televisi—menayangkan acara-acara yang bernuansa bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan seakan-akan telaga di tengah-tengah gurun pasir yang sangat panas.. Bulan Ramadhan mampu menciptakan atmosfir keimanan, suasana kebaikan, dan perasaan yang peka terhadap ajaran-ajaran Islam. Pada bulan ini pula kaum Muslim mampu bersatu, serentak menunaikan perintah Allah yang berkaitan dengan ibadah shaum; shaum pada hari yang sama, berbuka pada hari yang sama; mampu menahan tidak makan dan minum seharian selama satu bulan penuh; bisa mengendalikan hawa nafsu; sanggup menjalankan ibadah-ibadah nafilah dalam rangka ber-taqarrub kepada Allah; bersedia berkorban lebih besar dan lebih banyak dalam bidang harta benda; dan banyak lagi. Intinya, Ramadhan adalah momentum terbaik untuk melakukan perubahan diri, masyarakat dan negara.

Sebagai lembaga pengkajian, Jakarta Islamic Centre senantiasa mengkreasikan berbagai aktivitas menyambut momentum Ramadhan dengan tujuan  merealisasikan visi dan misi JIC menjadi pusat pengembangan sumber daya muslim, pengkajian, data informasi dan sosial budaya dimana masjid sebagai sentrumnya. Oleh karenanya, dari tahun ke tahun harus senantiasa terjadi peningkatan dalam hal program dan produk-produk pemikirannya. Tahun ini ada tiga kelompok kegiatan Ramadhan yang digagas oleh JIC, yaitu pelayanan peribadatan, pelayanan sosial kemasyarakatan dan program peningkatan SDM umat melalui tradisi ilmiah Ramadhan.

Dalam pelayanan peribadatan ada cukup banyak program-program untuk mendorong secara maksimal aktivitas peribadatan umat Islam, melalui program layanan shalat rawatib 5 waktu, shakat tarawih berjamaah, tadarus Al Quran, simaan Al Quran, I’tikaf 10 hari terakhir Ramadhan dan Shalat Idul Fitri.

Kegiatan pelayanan sosial kemasyarakatan diwujudkan dalam bentuk program buka puasa bersama, layanan ZIS, santunan anak yatim, dan bazaar Ramadhan. Sedangkan program peningkatan SDM umat dilaksanakan program kajian menjelang buka puasa, ceramah tarawih, hikmah fajar, kuliah Dzuhur, bedah buku, Ngabubur-IT, bedah buku setiap Jumat, Jambore Ramadhan SD/Diniyah, Training Menjemput Impian Siswa SMU/SMK. Dan khusus kegiatan Nuzulul Quran akan dihadiri oleh Gubernur Prov. DKI Jakarta, Bapak Basuki Tjahaja Purnama.

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

INILAH WAKTU-WAKTU MUSTAJAB UNTUK BERDOA DAN BERZIKIR SAAT RAMADHAN

Read Next

INDAHNYA TARAWIH DI MASJID AL AQSHA

2 Comments

  • Good informations. Wass

  • When Nuzulul Quran, will be excecuted.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 3 =