SAHABAT SOLEH MENJADI PENOLONG DI AKHIRAT

JIC – Adakah manusia yang tidak memiliki sahabat seorang pun di dunia ini? Persahabatan merupakan fitrah bagi manusia itu sendiri. Persahabatan yang jalin karena saling cinta karena Allah SWT akan mendapatkan nikmatnya iman, manisnya persahabatan.

Oleh karena itu jika mencari sahabat carilah sahabat yang mendekatkan diri kita kepada Allah SWT yakni yang mendekatkan kepada agama, berakhlak yang baik, tidak hanya memandang sisi keduniaan saja. Jika dia sahabat yang ahli agama insya Allah kita juga akan menjadi ahli agama, namun jika kita memilih sahabat yang masih suka maksiat, maka kita akan terdorong melakukan maksiat.

Seorang ulama besar, Ibnu Jauzi, berkata kepada sahabatnya sambil menangis :

“Jika kamu tidak menemui aku di syurga bersama kamu, maka tolonglah tanya kepada Allah tentang aku. Wahai Rabb kami, si fulan sewaktu di dunia selalu mengingatkan kami tentang Engkau, maka masukkanlah dia bersama kami di syurga.”

Ibnu Jauzi menyampaikan pesan tersebut karena bersandar pada sebuah hadits :

“Apabila penghuni syurga telah masuk ke dalam syurga lalu mereka tidak menemukan sahabat-sahabat mereka yang selalu bersama mereka dahulu di dunia, maka mereka pun bertanya kepada Allah. Ya Rabb! kami tidak melihat sahabat-sahabat kami yang sewaktu di dunia bersholat bersama kami, berpuasa bersama kami dan berjuang bersama kami…”

Maka Allah berfirman, ” Pergilah ke neraka, lalu keluarkanlah sahabat-sahabatmu yang di hatinya ada iman, walau hanya sebesar zarrah”. (Ibnu Mubarak dlm kitab Az Zuhd)

Maka pilihlah sahabat yang bisa membantu kita bukan untuk kepentingan dunia tetapi lebih kepada kepentingan akhirat. Carilah sahabat yang senantiasa berbuat amal soleh, dan senantiasa berpesan agar terus meningkatkan keimanan serta berjuang untuk agama Allah.

Sahabat hanya karena urusan dunia akan terpisah dengan garis kematian dan hanya akan membawa diri sendiri. Akan tetapi sahabat yang bertakwa akan mencari kita untuk bersama ke syurga.

Renungkanlah adakah sahabat yang seperti ini dalam kehidupan kita atau mungkin sahabat kita lebih buruk dari kita? Al-Hasan Al-Bashri berkata : ” Perbanyakkanlah sahabat-sahabat mukminmu, karena mereka memiliki syafa’at pada hari kiamat”.

Masih belum terlambat, kurangi waktu dengan teman yang hanya condong pada dunia. Carilah sahabat yang bisa membawa kita bersama ke syurga karena kita tidak hanya bisa mengharapkan pahala ibadah kita saja untuk masuk ke Syurga Allah SWT.

Write a Reply or Comment

seventeen − 14 =