SEDANG GELISAH, SEDIH DAN CEMAS? INI DO’A AGAR HATI MENJADI TENANG

JIC – Sebagai makhluk yang paling sempurna, Allah menciptakan manusia dengan turut hadirnya emosi dan perasaan. Suka, duka, bimbang, marah, hingga terkejut adalah sebuah anugrah yang diturunkan oleh Allah untuk kita.

Di tengah-tengah hadirnya emosi tersebut, ada baiknya kita selalu mengingat Allah. Karena kondisi bagaimanapun sejatinya memang sudah ditetapkan oleh Allah untuk kita, begitu pula dengan emosi yang menyertainya. Tinggal bagaimana kita memaknai dan mengambil hikmah dari tiap emosi dan peristiwa yang terjadi.

Dari banyak emosi yang kita kenal, salah satu emosi yang cukup sering dialami adalah rasa gelisah dan bimbang. Gelisah sendiri bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari stres berlebihan dan cobaan yang datang silih berganti. Saat gelisah, tak jarang kita hilang arah dan jauh dari ketenangan.

Ada banyak cara untuk mengatasi gelisah. Sahabat Muslimah bisa menjernihkan pikiran dengan menjalani kegiatan baru atau berbincang dengan orang lain. Di samping itu, sebagai seorang muslim, ada satu usaha yang tak boleh terlewat, yakni berdoa dan menyerahkan segala urusan kepada Allah Ta’ala. Berikut doa yang dapat amalnkan ketika hati terasa gelisah dan digantikan dengan ketenangan.

Doa Agar Hati Tenang Tidak Gelisah

أَللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الْرِّجَالِ

Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola’id daini, wa gholabatir rijali.

Artinya: “Ya Tuhanku, aku berlindung kepadaMu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat).”

Bacaan Doa Memohon Agar Hati Tenang

أَللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthma innah tu,minu biliqooika watardho biqodoika wataqna’u bi’athoika.

Artinya : “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.”

Itulah do’a yang dapat dilafalkan ketika Sahabat Muslimah merasa gelisah, sedih dan cemas agar hati menjadi tenang. Masalah apapun yang sedang kamu hadapi, jangan lupa untuk selalu mengingat bahwa Allah selalu ada untuk kamu, dan kita semua.

Sumber : muslimahdaily.com

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

PUASA NAZAR ALI-FATIMAH DAN SEDEKAH UNTUK FAKIR MISKIN

Read Next

MENAG-YAQUT-DOA-LINTAS-AGAMA-MASIH-BERSIFAT-SARAN-UNTUK-INTERNAL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 9 =