SEMINAR KEWIRAUSAHAAN JIC, WUJUDKAN BISNIS ANTI RIBA

Eksklusif, Seminar Kewirausahaan Anti Riba

JIC – Bertepatan dengan 4 ramadhan 1440 H (9/5), Divisi Pengembangan Bisnis telah sukses menyelenggarakan seminar kewirausahaan yang dihadiri oleh 35 peserta yang terdiri dari kalangan pengusaha, ibu ramah tangga, hakim dan dari latar belakang profesi yang berbeda. Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan terlebih dahulu peserta di ajak membaca Al-Qur’an yang dipandu oleh imam Masjid raya Jakarta Islamic centre, dengan membaca surat al baqarah 275-279 ayat tentang bahaya riba.

M. Rusdy SH, Selaku Kepala Divisi Pengembangan Bisnis JIC menuturkan, “Enterpreneurship atau kewirausahaan, adalah Sunnah yang pernah dijalani oleh Nabi Muhammad SAW, tentunya ada hikmah dan pelajaran yang dapat diambil dari hal tersebut dan juga menjadi entrepreneur juga menjadi kebutuhan bangsa ini yang angkanya belum signifikan dibanding jumlah pengusaha dari negrea-negara berkembang. Bukan hanya itu dikarenakan kita sebagai negara muslim terbanyak ada opportunity yang kedepan negara kita menjadi negara yang besar dari kekuatan menerapkan Syariah dari sisi ekonomi”. Ujarnya disela-sela sambutan mewakili kepala BM PPPIJ sekaligus membuka acara.

Kepala Divisi Pengembangan Bisnis JIC, H. M. Rusdy, SH

Salah satu dari ajaran Islam adalah mengatur urusan muamalah yang memiliki tujuan, mengapa dalam interaksi antar sesama dalam urusan dunia perlu diatur sedemikian rupa. Karena Muamalah ialah segala aturan agama yang mengatur hubungan antara sesama manusia dan alam sekitarnya. Untuk itu dibutuhkan pendidikan, pembinaan, dan pembelajaran yang nyata kepada masyarakat Muslim, mulai dari bentuk kajian, seminar, diskusi, talkshow dan ragam bentuk lainnya.

Rusdy mengatakan “Jakarta Islamic Centre sebagai Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta merupakan wadah dalam pelaksanaan berbagai kegiatan dalam rangka mewujudkan pusat pengembangan sumber daya manusia termasuk diantaranya mewujudkan ekonom Islam yang taat ajaran yang dibawa Rasulullah SAW (Islam). Guna mendorong dan mengembangkan pemahaman yang tepat”dan acara ini juga melibatkan berbagai pihak dengan bekerjasama quantum syariah economic forum dan MyCoach Indonesia sehingga terselenggaralah Seminar Kewirausahaan Dengan Tema “Mendidik Umat Islam agar MELEK FINANSIAL & MEMBANGUN BISNIS SYARIAH TANPA MODAL”. Sesi akhir, peserta diajak kembali untuk memperdalam ilmu bisnis dengan metode coaching private sehingga tujuan yang dari peserta yang datang memang fokus bisnisnya bisa dapet di implementasikan, acara di tutup pukul 14.00 WIB.

Write a Reply or Comment

six + seven =