SUBHANALLAH, CANTIKNYA GRANDE MOSQUEE DE PARIS INI!

Jakarta – Paris yang terkenal dengan fashion, glamor dan mayoritas panduduknya yang non muslim ternyata memiliki masjid megah nan cantik. Masjid itu bernama Grande Mosquee de Paris yang jadi masjid terbesar di Prancis!

Dilansir dari situs resminya, Grande Mosquee de Paris merupakan masjid terbesar di Prancis dan terbesar nomor 3 di Eropa. Lokasinya dekat dengan stasiun metro Place Morge. Menara masjidnya yang setinggi 33 meter terlihat dari pinggir jalan.

Grande Mosquee de Paris sudah dibangun sejak tahun 1926. Pembangunan masjid ini atas prakasa umat Muslim yang kala itu mendesak pemerintah Prancis untuk membangun masjid. Alasannya adalah untuk menghormati para pejuang Muslim Prancis dari negara jajahan seperti Afrika Tengah, Nigeria dan Aljazair yang ikut bertempur pada Perang Dunia I.

Bicara soal arsitektur atau gaya bangunan Grande Mosquee de Paris, masjid ini pasti membuat Anda jatuh cinta. Begitu memasuki bagian masjidnya, ada taman, kolam dan air mancur yang elok dipandang. Aneka bunga dan pohon palem menambah kesejukan yang bisa membuat Anda betah di sana. Usut punya usut, kolam tersebut dulunya digunakan sebagai tempat pemandian untuk para jamaah.

Setelah itu, ada lorong-lorong ke berbagai ruangan, seperti perpustakaan, madrasah dan kantor pengurus masjid. Beranjak lebih ke dalam, inilah bagian utama Grande Mosquee de Paris yakni masjid untuk tempat salat bagi jamaah pria dan wanita.

Asal tahu saja, karpet di dalam masjidnya merupakan pemberian dari Raja Iran, Shah Reza Pahlevi. Kaligrafi menghiasi dinding-dinding di dalam masjidnya

Grande Mosquee de Paris pun sangat bersih dan rapi. Salat pun terasa khusyuk di sana, karena suasannya yang tenang dan asri. Jauh berbeda dengan suasana Kota Paris sendiri yang selalu ramai oleh turis Yang unik, di dalam Grande Mosquee de Paris juga disiapkan restoran dan salon. Hal itu bertujuan untuk membuat jamaah makin dan wisatawan yang bukan bergama Islam makin nyaman. Masjid ini memang boleh didatangi siapa saja, tapi khusus wisatawan Muslim, masjidnya boleh didatangi tiap saat.

Grande Mosquee de Paris adalah simbol kesatuan umat Muslim di Paris. Simbol toleransi pun amat kental dengan masjid ini. Sebab selama Perang Dunia II, masjid ini jadi tempat persembunyian umat Yahudi yang dibantai oleh tentara Nazi di Prancis.

Sejarah, arsitektur, dan suasana di Grande Mosquee de Paris menjadi daya tarik wisatawan mancanegara. Apalagi saat bulan Ramadan, lantunan ayat Al Quran dan kegiatan keagamaan tak pernah sepi di dalam masjidnya.

Selamat datang Grande Mosquee de Paris, selamat mengagumi cantiknya rumah Tuhan di Paris.

Write a Reply or Comment

two × five =