SUDIN KESEHATAN JAKUT PERINGATI HARI TBC DUNIA DI JIC

JIC –Sudin Kesehatan Jakarta Utara menyelenggarakan kegiatan memperingati hari Tuberkulosis (TBC) Sedunia. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa (20/3) di ruang Audiovisual JIC ini bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat, pemerintah, swasta dan khalayak secara umum untuk peduli tentang TBC dalam rangka mencegah agar angka penderita TBC ini dapat ditekan.

“Rangkaian kegiatan dari awal bulan Maret dari semua kecamatan di Jakarta Utara melakukan investigasi berupa screening orang-orang yang kontak dengan penderita TBC diperiksa apakah ada gejalanya, dan jika ada akan langsung diobati di puskesmas jika terbukti positif.” Ujar Ajeng Sukmawati dari Sudin Kesehatan Jakut

Puncak dari kegiatan peringatan di Jakarta Utara pada hari ini yang merupakan pencanangan hari TBC tingkat kota administrasi Jakarta Utara. Lalu, untuk tingkat provinsi akan terlaksana pada hari Rabu (20/3) di Jakarta Kota dan untuk peringatan nasional akan dilaksanakan di monas pada hari Sabtu (24/3).

Acara dibuka secara resmi oleh Walikota Jakarta Utara, Drs. Husein Murad, M.Si yang berpesan kepada audiens dan masyarakat untuk ikut peduli terhadap kesadaran tanggapi penyakit TBC ini. Selain itu, dalam rangkaian acara akan diumumkan pemenang lomba foto, persembahan dari masyarakat lansia, puskesmas dan Rumah Sakit serta dialog interaktif.

Jumlah penderita TBC, lanjut Ajeng, pada tahun 2017 terdapat 4.000 penderita di Jakarta Utara. Ia juga menambahkan audiens yang hadir dalam acara tersebut ialah dari pemerintah, LSM, Suku dinas Pendidikan, perumahan, perhubungan, tata kota yang erat berkaitan sebab TBC bukan hanya tentang kesehatan tetapi perlu ada sinergi terkait lingkungan agar tidak menyebarnya penyakit ini. Selain itu, perwakilan dari RS Umum dan RS Swasta juga turut hadir dalam acara ini. (ZS)

Write a Reply or Comment

3 × five =