Syaikh Qardhawi: Prinsip Negara Sipil Sesuai dengan Konsep Islam

Presiden persatuan ulama muslim internasional, Syaikh Yusuf Al-Qardhawi menyerukan umat Islam bekerja untuk membangun pemerintahan negara sipil Islam, sembari menegaskan bahwa prinsip negara sipil adalah basis yang sesuai dengan konsep Islam sebenarnya.

Presiden persatuan ulama muslim internasional, Syaikh Yusuf Al-Qardhawi menyerukan umat Islam bekerja untuk membangun pemerintahan negara sipil Islam, sembari menegaskan bahwa prinsip negara sipil adalah basis yang sesuai dengan konsep Islam sebenarnya. Syaikh Qardhawi mengatakan hal tersebut dalam sebuah seminar yang diselenggarakan oleh persatuan ulama Internasional di Doha, Selasa kemarin (2/3).

“Ketidakadilan dan kesewang-wenangan terhadap hak-hak rakyat, mentolerir rakyat untuk keluar dari aturan para penguasa,” katanya, namun menambahkan bahwa pencapaian kebebasan rakyat harus diserahkan pada penerapan syariah dalam Islam.

Ulama ini juga menekankan bahwa pekerjaan para pemuda Arab masih belum selesai, karena Islam telah memerintahkan untuk menyingkirkan praktek-praktek ketidakadilan yang dilakukan oleh penguasa yang memerintah dengan kualitas yang buruk.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal persatuan ulama internasional, Dr Ali Muhidin Qara Daghi, menegaskan bahwa pemberontakan rakyat yang telah terjadi merupakan bagian dari amar ma’ruf dan nahi munkar. Dia menjelaskan bahwa aturan Islam menekankan semua manusia sama seperti manusia lainnya, dan tidak boleh ada satu manusia yang merasa lebih superioritas dari yang lain dan memiliki kekuasaan yang absolut.(fq/islamtoday/eramuslim)

 

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

Jaksa Agung Basri Arif Setuju Ahmadiyah Dilarang

Read Next

Biro Haji Ilegal Ditertibkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 11 =