TAK PERLU BINGUNG CARI MAKANAN HALAL DI THAILAND

wisata-kuliner-kampung-muslim-bangkok-thailand-_151021143952-550

JIC – Para wisatawan khususnya yang beragama Islam tidak perlu khawatir ketika berkunjung ke Bangkok, Thailand. Negara ASEAN yang mayoritas masyarakatnya beragama Budha itu kini telah menyediakan tempat makan atau restoran yang bersertifikat halal.

Sejumlah restoran di Thailand yang bersertifikasi halal terdapat di Bangkok seperti di area Chatuchak. Di area tersebut terdapat restoran halal Hawa Pochana dan Saman Islamic Food. Restoran halal lainnya yakni Maedah Restoran yang berada di Area Pratunam.

Tempat yang sering dijadikan tempat makan wisatawan Muslim adalah Al Hilal Restoran. Selain di Bangkok, restoran halal lainnya tersebar di sejumlah kota seperti Chiang Mai, Pattaya, Phuket, Krabi, dan Hat Yai. “Perkembangan restoran halal di Thailand sudah dirintis sejak lima tahun yang lalu,” ujar Marketing Manajer Tourism Authority of Thailand (TAT) di Jakarta Indra Nugraha kepada Republika.co.id di Bangkok, Rabu (25/5).

Proses untuk memperoleh sertifikat halal ini awalnya tidak mudah. Terutama, karena bahan makanan yang harus memenuhi standar halal di negara yang sebagian besar penganut agama Budha itu. Namun, kini restoran halal di Thailand sudah cukup mudah ditemukan oleh wisatawan Muslim yang berkunjung ke negeri Gajah Putih tersebut.

Saat ini sertifikasi halal di Thailand dilakukan oleh Halal Standard Institute of Thailand di bawah naungan Central Islamic Commitee di Thailand. Biasanya, ketika telah mendapatkan sertifikasi halal restoran dan hotel memasang logo halal. Hal yang sama juga diterapkan pada makanan yang ada dalam kemasan yang dijual di pasar modern.

“Keberadaan restoran dan hotel halal ini sebagai bagian dari mewujudkan Thailand sebagai destinasi yang menyenangkan bagi wisatawan Muslim,” kata Indra.

Informasi dari TAT atau Badan Pariwisata Thailand menyebutkan, jumlah penduduk Muslim di Thailand mencapai sekitar 14 persen. Di negara ini juga terdapat sekitar 3.600 masjid. Di Bangkok pula terdapat pusat komunitas Muslim atau Islamic Center di Ram Kham Haeng.

Sumber ; Republika.co.id

Write a Reply or Comment

6 + 6 =