TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA INDUSTRI 4.0

JIC – Pameran edukasi Islam Jakarta Islamic Education Fair (JIEF) kembali digelar. Acara yang terselenggara selama tiga hari mulai dari 22 Februari hingga 25 Februari 2019 mengusung tema “Peluang dan Tantangan Pendidikan Islam di Era Industri 4.0” ini mengundang Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA Ketua Baznas Indonesia sebagai keynote speech dalam rangkaian pembukaan acara JIEF.

“Kehadiran industri 4.0 adalah sebuah keniscayaan. Tantangan Indonesia di era industri ini adalah SDM Pembangunan yang perlu disesuaikan dengan perkembangan dan IPTEK serta tetap memberikan perhatian pada aspek humanitas.” Ujarnya

Ia menambahkan era industri 4.0 saat ini biaya kuliah semakin mahal dengan jumlah dosen terbatas sementara jumlah mahasiswa kian bertambah. Solusinya dengan harmonisasi atau pengembangan peraturan yang ada.

“Perlu adanya pemanfaatan TIK untuk peningkatan produktifitas, efektifitas serta efesiensi dengan tetap mempertahankan mutu pendidikan.” Tambahnya

Sejalan dengan hal tersebut, pemerintah Indonesia telah menyusun roadmap Industri 4.0, baik pendidikan tinggi maupun dikdasmen, agar sejalan lembaga pendidikan Islam yang harus mampu mempersiapkan desain sistem pendidikan yang mengacu pada roadmap tersebut.

Kepala Jakarta Islamic Centre, KH. Ahmad Shodri menjelaskan “Gelaran pameran pendidikan yang sudah berjalan tiga tahun secara rutin. Tahun ini JIC ada banyak kemajuan karena menggandeng kerja sama dengan banyak pihak. Dan yang lebih penting lagi, acaranya menjadi penanda bagi beroperasinya lembaga pendidikan JIC.” tegasnya. (ZS)

Write a Reply or Comment

three × four =