Warga Indonesia Aktif di Islamic Center Polandia

Persaudaraan antarumat Islam terjalin erat di Polandia. Tempat yang sering dijadikan berkumpulnya umat Islam di Polandia adalah Islamic Center yang berada di jalanan utama Kota Krakow.

Tak hanya Muslim Polandia yang berkumpul di Islamic Center tersebut, warga Indonesia merupakan jamaah yang cukup aktif meramaikan Islamic Center ini.

<< Muslim Polandia berpose di depan pintu gerbang Islamic Center.

REPUBLIKA.CO.ID, KRAKOW — Persaudaraan antarumat Islam terjalin erat di Polandia. Tempat yang sering dijadikan berkumpulnya umat Islam di Polandia adalah Islamic Center yang berada di jalanan utama Kota Krakow.

Tak hanya Muslim Polandia yang berkumpul di Islamic Center tersebut, warga Indonesia merupakan jamaah yang cukup aktif meramaikan Islamic Center ini.

Islamic Center Polandia dibangun pada 2001 atas prakarsa Dr Hayssam Obeidat, seorang Muslim yang bekerja sebagai dosen ilmu politik di Universitas Jagiellonian.

Di Islamic Center itu sering digelar menggelar diskusi dengan komunitas agama lain, seperti Yahudi. Terkadang Islamic Center juga menjadi tuan rumah dialog antar komunitas agama. “Islamic center ini terbuka bagi siapapun. Kami akan menyambut siapa saja yang akan datang ke sini,” kata Hayssam menjelaskan seperti dikutip Krakow Post, Senin (8/4).

Islamic Center itu umat Islam di Kota Krakow. Mereka berkumpul dan shalat bersama tanpa harus bertanya dari mana mereka berasal. Bagi Hayssam, Islamic Center ini merupakan pusat dari setiap kegiatan umat Islam. Di sini, umat Islam mencoba untuk melaksanakan apa yang menjadi kewajibannya, termasuk bagaimana mereka berbagi pengalaman soal adaptasi di Polandia.

“Harus kami akui, ada perasaan tidak nyaman dari umat Islam. Karena itu, kami pikir Islamic Center bisa menjadi solusi persoalan yang dihadapi Muslim Polandia,” ujar Hayssam mengakhiri.

Reporter : Agung Sasongko
Redaktur : Karta Raharja Ucu

Write a Reply or Comment

6 + 17 =