KASUS GAGAL GINJAL DI JAKARTA 70 ANAK MENINGGAL

kasus-gagal-ginjal-di-jakarta-70-anak-meninggal

JIC– Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mencatat total 142 anak di wilayahnya mengalami gagal ginjal akut sejak Januari 2022 silam, 70 anak di antaranya meninggal dunia.

“Dari total 142 itu kasus 70 wafat, yang sudah sembuh 50, dan dalam perawatan 22,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti di Balai Kota Jakarta, Senin (31/10).

Dinkes DKI juga telah mempersiapkan empat RSUD di Jakarta sebagai RS perawatan gagal ginjal akut, yakni RSUD Tarakan, RSUD Pasar Minggu, RSUD Pasar Rebo dan RSUD Koja.

Widyastuti juga menyatakan, kasus terbanyak berada di Jakarta Timur yakni sebanyak 34 kasus. Kasus gagal ginjal di Jakarta mulai mengalami peningkatan signifikan sejak bulan Agustus 2022.

Menurut Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes DKI Jakarta Ngabila Salama, gejala awal yang dialami pasien mulai dari demam hingga intensitas buang air kecil berkurang. Waktu antara ada gejala pertama kali sampai tidak ada kencing sama sekali sekitar 5-9 hari.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan menelusuri pemasok propilen glikol yang digunakan oleh PT Yarindo Farmatama dan PT Universal Pharmaceutical Industries.

Propilen glikol dalam obat sirup diduga menjadi penyebab gagal ginjal akut yang menewaskan banyak anak dalam beberapa bulan terakhir.

BPOM menelusuri temuan produk obat sirup yakni Unibebi Cough Sirup, Unibebi Demam Sirup, dan Unibebi Demam Drops produksi PT Universal Pharmaceutical Industries yang tercemar etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) melebihi ambang batas.

Serta produk Flurin DMP obat sirup produksi PT Yarindo Farmatama yang juga tercemar EG/DEG melebihi ambang batas.

“Kami akan telusuri distributor bahan kimia yang melakukan pemasokan dan melihat adakah penyaluran pada industri farmasi lainnya,” ujar Kepala BPOM, Penny Lukito dalam konferensi pers, Senin (31/10/2022).

Menurut Penny, BPOM akan memeriksa legalitas produk propilen glikol yang dipakai dan mengecek apakah ada kemungkinan pemalsuan terhadap produk propilen glikol yang didistribusikan terhadap kedua produsen farmasi tersebut.

 

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

SOSIALISASI FATWA DSN, MUI: SEBAGAI BENTUK KOMITMEN

Read Next

SYAIKH AL-ISSA: PERBEDAAN JANGAN HALANGI BANGUN RASA KEMANUSIAAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Konsultasi Online JIC
Kirimkan pertanyaan kepada kami...