PELATIHAN FALAKIYAH, KIAI SUBKI: UPAYA MEMAHAMI PERBEDAAN

JIC- KH. M. SUBKI, LC Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPPIJ) atau yang dikenal dengan Jakarta Islamic Centre mengatakan,  agenda acara Pendidikan dan Pelatihan Falakiyah Metode Hisab dan Rukyah Penentu Awal Ramadhan 1443 Hijriah  ini dalam rangka persiapan menyambut bulan suci Ramadhan.

“Mudan-mudahan ini termasuk apa yang Rasulullah SAW sebut dalam sabdanya “Siapa yang berbahagia seraya mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan bulan Suci Ramadhan, maka Allah akan haramkan jasadnya masuk kedalam Neraka”.” Jelas Kiai Subki pada sambutannya di Jakarta Islamic Centre, Sabtu (26/3/2022).

“Mudah-mudahan agenda kita ini bagian didalamnya,” tambah kiai Subki.

KH. M. Subki, Lc

Lebih lanjut Kiai Subki menilai acara pelatihan yang digagas Divisi Pengkajian PPIJ sangat penting karena terkait dengan penentuan penetapan bulan suci Ramadhan dan berikutnya juga awal bulan syawal, dimana ada di awal bulan Ramadhan tentang pelaksanaan ibadah puasa dan di awal bulan Syawal tentunya adalah pelaksanaan Idhul Fitri.

“Paling tidak ada dua sumber utama yaitu, rukyatul hilal juga ada metode hisab falakiyah, maka urgensi dari acara ini sangat luar biasa memberikan informasi dan pengetahuan kepada umat Islam secara keseluruhan tentang tatacara penetapan tanggal-tanggal itu,” terangnya.

“Walaupun nanti kemungkinan adanya perbedaan tetapi perbedaan itu atas dasar sama-sama saling memahami sehingga terjadi saling menghormati dan saling menghargai. Inilah sesungguhnya pencapaian yang ingin ditargetkan dari kegiatan pagi hari ini.” Pungkasnya. [irfan]

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

GUBERNUR DKI SUPPORT ACARA PELATIHAN FALAKIYAH JIC

Read Next

BUYA YAHYA: RUKYAT DAN HISAB CARA YANG ADA DALAM ISLAM

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat
Konsultasi Online JIC
Kirimkan pertanyaan kepada kami...