PERTOLONGAN PERTAMA SESAK NAPAS PADA PASIEN COVID-19 (2)

Ilustrasi. Oksigen dibutuhkan untuk menangani gejala sesak napas pada pasien Covid-19 dengan saturasi oksigen di bawah 95 persen. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

3. Posisi pasien Covid-19 saat menunggu petugas medis

Beberapa posisi pada pasien Covid-19 bisa membantu melancarkan aliran napas.

Jika pasien Covid-19 yang sesak napas masih memiliki kesadaran, maka ia disarankan duduk di kursi dengan kedua kaki menyentuh lantai.

“Duduk bisa mengurangi sesak napas pada pasien Covid-19 sambil menunggu [ambulans datang],” kata dokter spesialis paru, Erlang Samoedro, kepada CNNIndonesia.com, Kamis (24/6).

Sementara jika pasien tak bisa duduk, maka disarankan berbaring telentang untuk memudahkan jalan napas. Posisikan kepala sedikit lebih tinggi dari badan untuk memudahkan jalan napas.

“Kalau enggak kuat duduk, bisa telentang dengan posisi kepala lebih tinggi dari badan,” tutur Tri.

4. Jika pasien tak sadarkan diri

Jika pasien dalam kondisi tidak sadarkan diri sementara petugas belum kunjung datang, pihak keluarga atau wali bisa membantu membuat jalan napas dengan membuat pasien dalam posisi head thin chin lift.

Caranya, letakkan satu telapak tangan di dahi pasien dan tekan ke bawah, sehingga kepala menjadi tengadah dan penyangga lidah terangkat ke depan.

Lalu pegang dagu pasien kemudian angkat dan dorong tulangnya ke depan. Mulut pasien dibiarkan terbuka sehingga membuka jalan napas pada pasien yang tak sadarkan diri.

Head thin chin lift bisa membantu membuka jalan napas pada pasien sesak napas yang tidak sadarkan diri, segera minta pertolongan medis sesegera mungkin jika pasien hilang kesadaran,” kata Tri.

Jika mendapati pasien Covid-19 bergejala sesak napas, sebaiknya Anda segera menghubungi Public Safety Center (PSC) di nomor darurat 119.

(mel/asr)

Sumber : cnnindonesia.com

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

PERTOLONGAN PERTAMA SESAK NAPAS PADA PASIEN COVID-19 (1)

Read Next

STUDI: ORANG YANG BERJALAN CEPAT LEBIH PANJANG UMUR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 11 =