TERBAKARNYA KUBAH JIC, PPIJ TEGASKAN TAK ADA KORBAN JIWA

terbakarnya-kubah-jic-ppij-tegaskan-tak-ada-korban-jiwa

JIC– Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta atau Jakarta Islamic Centre menerangkan bahwa ruang utama ibadah Masjid Raya Jakarta Islamic Centre sudah tidak difungsikan sejak sebulan lalu karena sedang ada pengerjaan renovasi.

“Kegiatan ibadah kita sudah evakuasi ke lantai dasar, sejak kurang lebih sebulan yang lalu” terang kiai Subki, Kamis (20/10/2022).

“Untuk kegiatan ibadah pasca musibah ini kita akan pindahkan ke JIC Convention Hall yang ada kubah di sana, itu ada ruangan besar cukup untuk sekitar 2.000 orang untuk salat dan melakukan kegiatan,” sambung dia.

Kiai Subki menegaskan bahwa tidak ada korban jiwa dari peristiwa kebakaran yang merobohkan kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Centre.

“Korban jiwa Alhamdulillah dipastikan tidak ada, nihil,” teganya.

Kiai Subki juga mengatakan pihaknya salaku penanggung jawab lokasi telah berkoordinasi dengan pihak keamanan.

“Siap. Kita namanya memang sudah musibah kayak gini dan kita penanggung jawab lokasi, siap kita berkoordinasi,” ujar Subki.

Sebelumnya, kiai Muhammad Subki menceritakan kronologis terkait peristiwa kebakaran kubah masjid. Kiai Subki menyebut kejadian itu terjadi usai pelaksanaan salat ashar.

“Jadi kejadian kemarin ya hari Rabu tanggal 19 Oktober pukul 15.20 WIB kira-kira usai pelaksanaan salat ashar,” ujar Subki di Masjid JIC, Jakarta Utara, Kamis (30/10/2022).

Seperti diketahui, Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC) terbakar hebat, Rabu, 19 Oktober 2022. Kebakaran terjadi setelah Shalat Ashar sekitar pukul 15.15 WIB. Api pertama kali membakar dari sisi barat kubah Masjid JIC. Angin yang bertiup kencang sehingga dengan cepat membakar bagian lain dari badan kubah Masjid JIC. Dalam waktu kurang lebih setengah jam, kubah utama Masjid Raya JIC rubuh ke lantai dua dan reruntuhannya juga sampai ke lantai satu bangunan Masjid Raya JIC. Cepatnya runtuh kubah juga mungkin disebabkan oleh beratnya beban 12 buah lampu kipas khas Betawi dengan berat 1 ton.

Untuk mengatasi kebakaran Masjid JIC, telah dikerahkan delapan mobil pemadam kebakaran dari unit pemadam Jakarta Utara. Api berhasil dipadamkan pada pukul 17.00 WIB. Kebakaran pun bisa dikendalikan sehingga tidak menjalar ke bangunan lain di sekitarnya yakni Gedung Sosial Budaya dan Gedung Bisnis. Tidak ada korban jiwa dari kebakaran ini. Beberapa dokumen dan perangkat komputer dari Pengelola Masjid Raya JIC dan lembaga-lembaga agama Islam lainnya juga berhasil diamankan dan dipindahkan ke Perpustakaan di Gedung Sosial Budaya.

 

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

PERNYATAAN RESMI PPIJ TERKAIT TERBAKARNYA KUBAH MASJID JIC

Read Next

KIAI SUBKI PASTIKAN KEGIATAN DI JAKARTA ISLAMIC CENTRE TETAP BERJALAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Konsultasi Online JIC
Kirimkan pertanyaan kepada kami...