ARAB LUNCURKAN TAKSI TERBANG BISA LAYANI JAMAAH HAJI

0
115
arab-luncurkan-taksi-terbang-bisa-layani-jamaah-haji

JIC- Arab Saudi meluncurkan taksi terbang tanpa pilot, yang bisa dipakai untuk mengangkut barang dan orang, termasuk jamaah haji.

Saudi Press Agency (SPA) melaporkan bahwa taksi terbang itu dapat mengantarkan jamaah haji ke sejumlah tempat suci, memfasilitasi pengiriman kebutuhan darurat media, serta untuk pengiriman barang.

Menteri Transportasi dan Layanan Logistik Arab Saudi Saleh bin Nasser Al-Jasser mengatakan taksi terbang ini merupakan yang pertama di dunia yang mendapatkan lisensi dari otoritas penerbangan sipil.

Hari Rabu (12/6/2024) Al-Jasser menyaksikan lepas landas perdana taksi terbang itu, dalam acara peluncuran yang dihadiri oleh Abdulaziz Al-Duailej, presiden General Authority of Civil Aviation (GACA); Rumaih Al-Rumaih, wakil menteri transportasi, serta beberapa pejabat terkait lain.

Al-Jasser mengatakan dalam pidatonya bahwa peluncuran taksi terbang itu merupakan bagian dari upaya Arab Saudi untuk memodernisasi moda transportasi, sehingga lebih ramah lingkungan dan dengan memanfaatkan inovasi teknologi masa kini termasuk kecerdasan buatan (AI).

Al-Duailej mengatakan taksi terbang ini selain dapat mempersingkat waktu tempuh dan menghindari kemacetan bagi penumpang, juga bermanfaat untuk berbagai keadaan seperti darurat medis dan kerja-kerja lain yang sifatnya pemantauan.

Taksi terbang ini merupakan satu dari 32 penerapan teknologi modern yang dipakai dalam penyelenggaraan haji tahun ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here