DEPUTI GUBERNUR BUKA PERHELATAN JIEF 2023 JAKARTA ISLAMIC CENTRE

0
127
deputi-gubernur-buka-perhelatan-jief-2023-jakarta-islamic-centre

JIC– Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPIJ) yang dikenal dengan Jakarta Islamic Centre (JIC) menggelar Jakarta Islamic Education Festival (JIEF) 2023. Kegiatan bertema “Menuju Pendidikan Islam Berkarakter dan Membangun Peradaban” itu digelar di Convention Hall Jakarta Islamic Centre, Koja, Jakarta Utara.

Acara yang berlangsung dua hari itu secara resmi dibuka Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata H. Matullah Matali pada Selasa pagi (5/9/2023).

Dalam sambutannya, Marullah mengatakan yang bisa mengangkat harkat dan martabat manusia adalah pendidikan. Dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa Allah akan mengangkat orang yang beriman dan menuntut ilmu beberapa derajat.

“Derajat belum tentu materi, bisa melebihi itu semua,” ungkap Marullah dalam sambutannya.

Mantan Sekda DKI Jakarta ini menegaskan, hidup yang bermartabat dihasilkan dari pendidikan yang baik.

“Manusia akan mendapat peningkatan derajat yang lebih tinggi dari yang capaian pendidikannya di bawah,” ungkap Marullah yang lulusan Universitas Islam Madinah itu.

Marullah juga menyampaikan, Jakarta sebentar lagi akan menjadi kota global. Meskipun tidak lagi menjadi ibu kota negara Indonesia, Jakarta tidak akan disetarakan dengan kota-kota yang berada di Indonesia.

“Jakarta akan disetarakan dengan kota-kota maju di dunia internasional. Kita akan bersaing bukan dengan Surabaya, Yogyakarta, Medan, Makasar atau Denpasar. Jakarta harus bersaing dengan kota-kota besar di sekitaran Indonesia di seluruh dunia. Itu butuh orang-orang yang punya pendidikan berkarakter,” tandas mantan Wali Kota Jakarta Selatan itu.

Sebelumnya, Kepala Divisi Pengkajian dan Pendidikan PPIJ KH M Nasir Zein, MA menyebutkan penyelenggaraan JIEF 2023 dimaksudkan untuk mendorong terwujudnya generasi Islam yang kokoh, memiliki spirit peradaban, membangun pendidikan Islam berkualitas dan bermartabat, serta memfasilitasi santri dan pelajar dalam memilih lembaga pendidikan Islam yang baik.

Rangkaian kegiatan JIEF 2023 antara lain berupa pameran pendidikan, seminar, lomba tahfiz Qur’an tingkat SD/MI, lomba robotic tingkat SD/MI hingga SMA/MA, lomba penulisan artikel bagi mahasiswa, talk show literasi, bincang hijrah, dan lainnya. 23 lembaga pendidikan Islam di Jakarta turut begrabung dalam kegiatan ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here