TINGKATKAN MINAT BACA, PPIJ GELAR TALK SHOW PERAN PERPUSTAKAAN TINGKATKAN LITERASI

0
164
tingkatkan-minat-baca-ppij-gelar-talk-show-peran-perpustakaan-tingkatkan-literasi

JIC– Dalam rangka meningkatkan minat membaca dikalangan masyarakat, khususnya masyarakat DKI Jakarta. Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPIJ) atau yang dikenal dengan Jakarta Islamic Center (JIC) menyelenggarakan talk show Peran Perpustakaan Dalam Meningkatan Literasi dan Pendidikan di Era Digital bersama Perpustakaan Nasional.

Kepala SubDivisi Perpustakaan PPIJ Nismawati, S.IP mengatakan, talk show yang diselenggarakannya ini dalam rangka untuk meningkatkan minat membaca bagi masyarakat Indonesia terkhusus warga DKI Jakarta. Ia menilai minat membaca masyarakat Indonesia saat ini masih dalam kondisi memprihatinkan.

Anis lebih lanjut mengungkapkan, dari data indeks minat baca masyarakat Indonesia yang masih rendah yaitu dengan prosentase 0,001.

“Artinya dari 1.000 orang di Indonesia, hanya ada 1 orang yang rajin membaca. UNESCO menyebutkan bahwa Indonesia berada diurutan ke-60 dari 61 negara di dunia,” ungkapnya di Hall Jakarta Islamic Centre, Rabu (6/9/2023).

“Atas dasar itu kami menggelar acara talk show dengan mengangkat tema “Peran Perpustakaan dalam Meningkatkan Literasi dan Pendidikan di Era Digital”,” ujar Anis.

Anis menambahkan bahwa terselenggaranya kegiatan ini juga dalam rangka menyambut bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan.

“Bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia perpustakaan Indonesia, bulan September merupakan bulan yang begitu istimewa karena bulan September adalah Bulan Gemar Membaca, sedangkan tanggal 14 September diperingati sebagai Hari Kunjung Perpustakaan,” ungkapnya.

Acara yang dihadiri para pustakawan, pendidik, pelajar, dan masyarakat umum penggiat literasi ini, Anis berharap kegiatan yang digagasnya ini selain akan menumbuhkan minat baca di masyarakat, juga mengoptimalkan peran perpustakaan.
“Kami juga berharap kegiatan ini dapat memperkuat budaya literasi di era digital,” tutupnya.

Acara ini dihadiri oleh, Gunas Mahdianto, M.si (Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Utara), Drs. Agus Sutoyo, M. Si (Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan & Pengelolaan Naskah Nusantara Perpustakaan Nasional RI), Ustadz Samsurial, M.Pd (Persatuan Guru Madrasah Indonesia), Ustadz Arief Rahman Hakim, M.Ag (Kepala Sub Divisi Pendidikan dan Pelatihan PPIJ), Niswati Fatimah, S.IP (Kepala Sub Divisi Perpustakaan PPIJ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here