DIKLAT FALAKIYAH, PPIJ RUKYATUL HILAL DI ROOFTOP WISMA JIC

0
331

JIC- Mewakili Kepala Pusat PPIJ Dr KH Didi Supandi, MA, Kepala Divisi Seni Budaya dan Ekonomi Syariah membuka acara Stadium General Diklat Falakiyah dan Praktek Observasi Bulan yang digelar pada, Jumat (7/6/2024)

Dalam sambutannya Dr Edi Sukardi mengatakan ilmu falakiyah adalah ilmu yang berat, ilmu yang terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi.

Dr Edi Sukardi (Kepala Divisi Seni Budaya dan Ekonomi Syariah PPIJ)

“Dulu cuma pakai bambu, lalu berkembang lagi memakai teropong, bahkan munkin nanti bisa pakai teropong dengan infra merah yang bisa menembus mendung,” ujarnya di Gedung Bisnis Jakarta Islamic Centre, Jumat (7/6/2024).

“Jadi kita harus kaji terus ilmu ini, karena terkait juga dengan penetapan waktu shalat dan arah kiblat,” tambahnya.

Kiai Edi juga mengatakan, bahwa seorang perukyat selain menguasai ilmu falak juga harus memiliki kebersihan hati dan jiwa.

“Kebersihan hati dan kebersihan jiwa juga mempengaruhi itu, alatnya canggih tapi gak kelihatan juga, padahal bulannya sudah wujud. Makanya butuh kebersihan hati dan jiwa,” ujarnya.

Sementara itu Kasubdiv Pendidikan dan Pelatihan PPIJ mengatakan dipilihnya lantai 12 rooftop Gedung Wisma Jakarta Islamic Centre untuk simulasi observasi bulan adalah dalam rangka memberikan wawasan kepada umat Islam di Jakarta bahwa PPIJ memiliki tempat untuk kegiatan rukyatul hilal.

“Rooftop JIC ini adalah salah satu tempat yang mungkin bisa dijadikan Pusat Observasi Bulan dari titik-titik yang telah ditetapkan kemenag Republik Indonesia,” terang Ustaz Arief Rahman Hakim.

Lebih lanjut ustaz Arif mengatakan, tempat ini juga bisa dijadikan tempat alternatif bagi pembelajar falakiyah.

“Ini juga bisa dijadikan tempat alternatif untuk melakukan observasi bulan bagi para pembelajar ilmu falakiyah,” ujarnya.

Acara yang digelar Divisi Pengkajian dan Pendidikan ini diikuti oleh 22 peserta yang terdiri dari mahasiswa, guru, serta dosen yang langsung dibimbing ahli falakiyah Dr Fajar Faturrahman, M.Pd.

Dr Fajar Faturrahman (Pemateri Diklat Falakiyah)

Seperti diketahui, Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta pada setiap penentuan awal Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah secara rutin telah menerjunkan Tim Falakiyahnya ke Pulau Pramuka yang sejak sejak tahun 2015 telah ditetapkan menjadi Pusat Observasi Bulan (POB).

Sebagai mitra pemerintah yang terlibat secara aktif pada setiap sidang istbat yang digelar Kementerian Agama RI, PPIJ memiliki peran penting dalam setiap penentuan awal Ramadhan, Idul Futri, dan awal bulan Dzulhijjah. [fan]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here