GANDENG MUI, BI GELAR BIMTEK SERTIFIKASI HALAL

0
135
gandeng-mui-bi-gelar-bimtek-sertifikasi-halal

JIC– Dalam rangka mendukung sertifikasi halal UMKM, Bank Indonesia (BI) bersama Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) DKI Jakarta adakan bimtek, Kamis (13/2/2023).

Kegiatan bimbingan teknis (bimtek) pogram sertifikasi halal untuk UMKM di DKI Jakarta khususnya binaan BI, dengan fokus utamanya perkembangan produk-produk syariah, termasuk pelaksanaan sertifikasi halal.

“Di tahun 2023 Bank Indonesia wilayah DKI Jakarta telah menganggarkan untuk membantu UMKM dalam pelaksanaan Sertifikasi Halal Gratis, oleh karenanya BI menggandeng LPPOM DKI Jakarta agar meningkatkan kualitas produk khusunya pelaku usaha UMKM di Jakarta,” terang Jaka Setyawan perwakilan Bank Indonesia di Jakarta Islamic Centre Jakarta Utara.

Jaka menilai, bagaimana produk itu memenuhi aspek kualitas dari sisi kehalalan dan kualitas keamanan pangan serta higenisnya, semua aspek kualitas tercermin di sertifikasi halal nanti.

“Insya Allah, Bank Indonesia akan selalu membersamai UMKM, dan kali ini kami memberikan fasilitas Sertifikasi Halal untuk 33 UMKM di DKI Jakarta, karena mereka adalah pejuang Ekonomi yg menjadi pondasi perekonomia Indonesia, 96 % pelaku usaha adalah UMKM yang jumlahnya mencapai 60 juta Pelaku Usaha.” ujarnya.

“Diharapkan ini menjadi langkah maju bagi UMKM agar bisa naik kelas, melalui sertifikasi halal, ia mempunyai kesempatan menguasai pasar yang memang mengharuskan luas dan lebih masif dengan adanya sertikasi halal bisa masuk segmen manapun bukan hanya dalam negeri sampai luar negeri” tutup Jaka.

Sementara itu Deden Edi, sebagai Direktur LPPOM MUI DKI menyampaikan, “Alhamdulillah, tahun 2023 ini kami mendapat kepercayaan dari Bank Indonesia untuk melakukan sertifikasi halal terhadap UMKM binaan BI.”

“Dengan adanya sertifikasi halal ini, diharapkan UMKM akan naik kelas, sehingga dapat bersaing dengan Brand lainnya dan produknya dapat dipasarkan lebih luas dan peluang berkembangnya menjadi lebih besar.” Demikian imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here