GELAR PELATIHAN BAHASA ASING, UPAYA WUJUDKAN PPIJ PUSAT PERADABAN ISLAM GLOBAL

0
492
gelar-pelatihan-bahasa-asing-upaya-wujudkan-jic-pusat-peradaban-islam-global

JIC– Membuka Pelatihan Bahasa Asing Program Intensif Percakapan Bahasa Turki, Kepala Divisi Pengkajian dan Pendidikan Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPIJ), mengatakan bahwa menguasai berbagai bahasa di dunia merupakan bekal yang harus dipersiapkan.

“Kegiatan yang diadakan oleh divisi Pengkajian dan Pendidikan ini dalam rangka memberikan pembekalan kepada masyarakat, khususnya dalam bidang bahasa, terutama bahasa Turki. kata Kiai Nasir di Jakarta Islamic Centre, Jumat (31/5/2024)

“Globalisasi dan peradaban saat ini saling berinteraksi memerlukan bekal bagi setiap pihak untuk memiliki kecakapan dan keterampilan bahasa yang banyak bertaburan di dunia,” jelas Kiai Nasir.

Apalagi, lanjut Kiai Nasir melihat dari hasil data dari kementerian pariwisata pada tahun 2023, bahwa diantara tujuan yang utama wisatawan muslim asal Indonesia adalah negara Turki dan ini merupakan salah satu konsekuensi logis dari adanya persamaan budaya dan persamaan agama mayoritas dari dua bangsa ini.

“Maka PPIJ atau yang dikenal dengan nama Jakarta Islamic Centre pada saat ini mengadakan pelatihan bahasa asing yang bertujuan untuk memberi bekal kepada para peserta keterampilan bahasa yang diperlukan dalam rangka komunikasi global dan dalam rangka mengikuti perkembangan peradaban,” tambah Kiai Nasir.

Kiai Nasir Zein dalam sambutan pembukaanya juga berpesan kepada para peserta untuk mengikuti program yang digagas Subdiv Pengkajian PPIJ ini dengan sebaik-baiknya.

“Mudah-mudahan yang akan didapati dari pelatihan bahasa Turki ini akan menjadi bekal yang bermanfaat dan akan menjadi Ilmu yang barokah yang barang tentu semuanya itu harus diikuti untuk mencapai ridho Allah SWT dan diniati untuk ibadah kita kepada Allah.

Sementara itu Dr Rina Uswatun Hasanah mengatakan program yang akan berlangsung selama satu bulan ini diikuti oleh 44 peserta yang sebelumnya telah melalui seleksi.

Rina lebih lanjut mengatakan program yang digawanginya ini adalah bagian dari misi Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta yaitu menjadi pusat peradaban Islam.

Pembukaan Pelatihan Bahasa Asing Program Intensif Percakapan Bahasa Turki yang digelar di ruang Foodcourt Jakarta Islamic Centre ini dihadiri oleh Ustaz Moh. Zein, M.Si (Kadiv Komunikasi dan Penyiaran PPIJ), Ustaz Arief Rahman Hakim, M.Ag (Kasubdiv Pendidikan dan Pelatihan PPIJ), Abi Zahid, dan Abi Salih (Yayasan Sulaimaniyah).

Kepala PPIJ Support Pelatihan Bahasa Asing

Dalam kesempatan yang berbeda, Kepala Pusat PPIJ Dr. KH Didi Supandi, MA sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan bahasa asing yang sangat sejalan dengan program PPIJ yang terus berupaya mengembangkan sayap jejaring demi terwujudnya PPIJ sebagai Pusat Peradaban Global.

“Apalagi sekarang Jakarta dicanangkan menjadi kota global dan PPIJ dengan cita-cita dan jejaring yang terus dikembangkan berupaya menjadi Pusat Peradaban Islam Global,” kata Kiai Didi.

Kiai Didi berharap, program pelatihan bahasa asing ini, dapat menjembatani para pelajar Indonesia yang ingin kuliah ke luar negeri.

“Program ini diharapkan juga bisa dilakukan secara offline dan online agar bisa menjaring peserta lebih luas lagi,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here