KHOFIFAH INDAR PARAWANSA RAIH ANUGERAH PEOPLE OF THE YEAR 2021 DI TIGA KATEGORI

Jakarta, JIC,–  Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meraih anugerah People Of The Year 2021 dari Metro TV pada tiga kategori sekaligus, Rabu (23/11/2021).

Pertama, ia menerima penghargaan kategori Best Governor Inclusive Economic Growth atau gubernur terbaik dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi inklusi.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat NU itu dinilai telah memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur. Melalui program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), ia melibatkan strong partnership atau kekuatan kemitraan dari masyarakat secara intensif.

Ia juga menginisiasi desa wisata yang diberi nama Dewi Cemara.  “Jadi problem di Jawa Timur adalah kemiskinan yang masih cukup tinggi di perdesaan. Karena itu, penguatan BUMDes dan penguatan desa yang kita menyebutnya Dewi Cemara atau desa wisata rakyatnya cerdas, mandiri, dan sejahtera itu menjadi bagian penting,” kata Khofifah saat sambutan usai menerima penghargaan.

Melalui program-program tersebut, kata Khofifah, kedalaman dan keparahan kemiskinan di Jawa Timur semakin menyempit. Menurutnya, upaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk membangun pemerataan yang lebih meluas sudah terwujud. “Terima kasih untuk semua yang sudah mendedikasikan dirinya, meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Jawa Timur, terutama masyarakat perdesaan di Jawa Timur,” tegas Khofifah.

 

Selain Khofifah, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan juga menerima anugerah di dalam kategori yang sama.

Khofifah kemudian menerima anugerah yang kedua, pada kategori Best Governor for Empowerment and Education atau gubernur terbaik untuk pemberdayaan dan pendidikan. Ia dinilai telah berhasil membuat Jawa Timur memiliki kinerja pendidikan tertinggi di Indonesia. Khofifah juga terus berkoordinasi dengan para pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) guna melakukan inventarisasi kondisi desa.

Lumbung pangan pun tak luput dari perhatian Khofifah untuk memberikan harga terbaik, bebas harga kirim serta cash on delivery (membayar di tempat) sehingga masyarakat bisa mendapatkan barang yang diharapkan. “Besok (hari ini, 25 November 2021) adalah Hari Guru Nasional. Tentu apa yang sekarang saya bawa adalah apresiasi untuk seluruh guru yang sudah mendedikasikan keilmuan dan baktinya untuk mencerdaskan masyarakat Jawa Timur,” ujar perempuan kelahiran Surabaya, 19 Mei 1965 itu.

 

Ia lantas menyampaikan terima kasih kepada seluruh guru, para pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, dan para orang tua yang bisa mengantarkan Jawa Timur masuk ke dalam posisi strategis. Khofifah kemudian memaparkan berbagai torehan prestasi di Jawa Timur.

“KSN (Kompetisi  Sains Nasional), Jawa Timur juara umum. Terima kasih para guru dan peserta didik. Pada penerimaan SNMBTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) juga kami mendapatkan tertinggi dari seluruh provinsi di Indonesia. Tentu ini adalah bakti yang luar biasa bagi para guru, tenaga pendidik, orang tua dan peserta didik. Terima kasih semuanya,” ucap Khofifah.

 

Di kategori, Gubernur Sulawesi Selatan Ali Mazi dan Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad juga mendapatkan anugerah People Of The Year 2021 sebagai gubernur terbaik untuk pemberdayaan dan pendidikan.

Lalu, nama Khofifah Indar Parawansa kembali terpilih dan diminta naik ke atas panggung ke Metro TV untuk ketiga kalinya. Ia kembali meraih anugerah pada kategori gubernur terbaik untuk pemerintahan elektronik dan inovasi digital. Khofifah naik panggung bersama dua penerima anugerah yang lain yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Khofifah dinilai telah berhasil membangun infrastruktur digital Jawa Timur. East Java Super Corridor (EJSC) menyatu dengan format Millenial Jobs Center (MJC), sehingga mendorong rasa percaya diri anak muda Jawa Timur untuk menerima investor strategis.

Ia juga memberikan kemudahan dalam hal administrasi dengan membangun Anjungan Dukcapil Mandiri sejak awal 2020 di 38 kabupaten/kota.

“Terima kasih kembali untuk Metro TV. Transformasi digital adalah sebuah kebutuhan dan keniscayaan. Kita mencoba membangun koneksitas dari berbagai lini dan sektor. Mudah-mudahan terus bisa memberikan percepatan layanan,” katanya.

“Bisa cepat, mudah, murah, dan tentu bisa meningkatkan efektivitas dan efisiensi seluruh pelayanan publik yang bisa kita lakukan. Terima kasih dan selamat ulang tahun yang ke-21 untuk Metro TV. Sukses selalu,” imbuh Khofifah seraya meninggalkan podium, tempat ia menyampaikan sambutan.

Sumber : nu.or.id

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

MUI MINTA APARAT PENEGAK HUKUM TAK MELEMPEM TANGANI KASUS KKN

Read Next

PENELITIAN KEMENAG TELUSURI ARUS KONTRA NARASI EKTREMISME DI MEDIA DARING

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 3 =