PROGRAM JELAJAH SENI BUDAYA ISLAM ANGKAT TOKOH DAN KARYA SENI ISLAM DUNIA

JIC – Sempat tertunda penayangannya, kini program siaran Jelajah Seni Budaya Islam hadir di bulan suci Ramadhan. Program ini dipersembahkan oleh Sub Divisi Seni dan Budaya Jakarta Islamic Centre (JIC) yang memiliki empat episode spesial. Kepala Sub Divisi Seni dan Budaya JIC sekaligus Narasumber Program Jelajah Seni Budaya Islam, Hanny Fitriyah mengungkapkan bahwa pemilihan materi untuk episode program ini mewakili unsur seni budaya Islam dunia.

“Episode pertama yang akan diangkat dari program ini adalah tentang Jalaludin Rumi, lalu episode kedua tentang Whirling Dervishes, selanjutnya untuk yang ketiga tentang Buya Hamka dan episode terakhir tentang Al-Farabi” Ujar Hanny

Dipilihnya keempat tema tersebut merupakan tokoh yang sangat berpengaruh di dunia seni Islam. Jalaludin Rumi yang dikenal sangat berpengaruh terhadap puisi tentang cinta sesama dan kepada Allah SWT. Karya-karyanya yang melegenda bahkan masih bisa dinikmati sampai saat ini.

Selain itu, Ia mengungkapkan untuk seni Tarian, tarian sufi juga dikenal sebagai Whirling Dervishes (darwis-darwis yang berputar) atau tarian sema (mendengar). Tarian ini terinspirasi dari seorang penyair- sufi asal Persia bernama Mawlana Jalaluddin Rumi. Rumi melakukan tarian ini pertama kali ketika guru spiritualnya meninggal dunia.

Host Program Andi Umar (Kiri) dengan Narasumber Hanny Fitriyah (Kanan)

Pada episode ketiga yakni membahas tentang Buya hamka yang tidak hanya terkenal di Indonesia, namun juga di kancah Internasional karena keshalihannya. Dengan karya seninya yang mendunia tersebut, Buya Hamka menyampaikan cerita melalui karya prosanya. Sehingga karyanya kini sudah banyak diangkat di televisi maupun layar lebar.

Hingga episode akhir materi siaran mengenai Al-Farabi yang menulis beberapa kitab khusus untuk mengabadikan wawasannya dalam bidang musik, salah satunya berjudul “Kitabu al-Musiq al-Kabir”. Kitab ini merupakan karyanya yang paling fenomenal.Dalam kitabnya tersebut, Al-Farabi memperkenalkan dan membahas tentang sistem pitch.  Yakni perihal tinggi atau rendah nada dalam suatu bunyi dan getaran yang dihasilkan oleh instrumen maupun suara manusia. Semakin banyak getaran, maka nada yang akan dihasilkan akan semakin tinggi.

Program siaran ini berdurasi 30 menit agar bisa dinikmati melalui Smartphone dengan Talkshow yang santai dan menarik. Tayang perdana pada Sabtu, 17 April 2021 pukul 10.00 WIB di Radio JIC 107,7 FM dan Facebook Live “Radiojic”. (ZS)

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

TOL-JAKARTA-CIKAMPEK-DIJUAL-KE-UNI-EMIRAT-ARAB-CEK-FAKTANYA

Read Next

PAHALA PUASA RAMADHAN ITU TAK TERHINGGA, APA MAKSUDNYA?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + one =