TARHIB RAMADHAN, PPIJ: CIPTAKAN TRADISI BAIK BERSAMA ALQURAN

0
225

JIC- Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah, Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta menggelar tarhib Ramadhan di ruang food court Jakarta Islamic Centre, Rabu (6/3/2024).

Kepala Divisi Komunikasi dan Penyiaran PPIJ dalam sambutannya mengatakan, beberapa hari kedepan kita akan melakukan ibadah puasa, tentu penting untuk mengawali dengan niat berpuasa dan ditambah dengan hati yang bersih.

“Makanya saya perlu hadir disini untuk menghaturkan permohonan maaf saya kepada rekan-rekan yang ada di Jakarta Islamic Centre,” ujar Ustaz Zein, M.Si.

Dalam sambutannya juga, Ustaz Zein mewakili pimpinan PPIJ mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa yang akan berlangsung beberapa hari kedepan.

Sementara itu dalam sambutannya Wakil Kepala PPIJ Dr. KH. Didi Supandi, MA menyampaikan bahwa PPIJ akan menyelenggarakan kegiatan kegiatan amaliyah Ramadhan yang diawali dengan pelatihan falakiyah dan karnaval Ramadhan.

“Nanti juga kita adakan kajian selama satu bulan, yaitu kajian tafsir Alquran,” ujarnya.

Kiai Didi lebih lanjut mengatakan, diselenggarakannya kajian tafsir Alquran ini atas diskusi dan masukan dari para ulama.

“Pada zaman salafus shaleh terdahulu pada bulan Ramadhan mereka jauh lebih mendalami Alquran, selain tadarus mereka mendalami Alquran dengan cara mempelajari Alquran yang salah satunya mempelajari ilmu tafsir,” terangnya.

“Setelah bada Ashar kita bekerjasama dengan pondok pesantren Sulaimaniyah melakaukan khataman Alquran,” tambah kiai Didi.

Kiai Didi berharap dengan digaungkannya Alquran selama bulan Suci Ramadhan dapat menciptakan tradisi yang baik sebagaimana sunah salafus shaleh.

Tarhib Ramadhan PPIJ selain dihadiri komunitas Jakarta Islamic Centre, acara ini juga dihadiri beberapa lembaga diantaranya, Majelis Ulama Indonesia DKI Jakarta, Dewan Masjid Indonesia, Badan Wakaf Indonesia, PWNU DKI Jakarta, dan Pondok Pesantren Sulaimaniyah. [fan]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here