PENJELASAN KH CHOLIL NAFIS SOAL SHOLAT JUMAT DAN CORONA

JIC – Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Cholil Nafis mengatakan, masyarakat yang terpapar virus corona atau covid-19 dilarang untuk melaksanakan ibadah sholat Jumat di Masjid. Hal ini disampaikan berdasarkan pada fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 yang diterbitkan pada Senin (16/3) kemarin.

“Dalam fatwa tersebut menegaskan tentang dua hal, pertama, orang yang terpapar covid-19 harus mengisolasi diri dan haram untuk melaksanakan sholat Jumat karena dapat menularkan dan membahayakan orang lain,” ujar Kiai Cholil kepada Republika.co.id, Rabu (18/3).

Pada prinsipnya, lanjut dia, memelihara kemashlahatan umum harus didahulukan daripada kemashlahatan individu dan menolak keburukan harus didahulukan daripada memperoleh kebaikan. Sementara, kata dia, bagi masyarakat yang sehat dan belum diketahui terpapar virus corona, maka ada dua hal dan kondisi yang perlu perhatikan.

Pertama, jika dia berada di daerah yang rawan tinggi dan menurut otoritas medis dan pemerintah yang dipercaya rawan dan bahaya penularan penyakit, maka ia boleh tidak melaksanakan shalat Jumat. “Kata Boleh itu artinya juga boleh melaksanakan jumatan. Meskipun itu juga bisa jadi udzur untuk tidak melaksanakan shalat jumat,” ucapnya.

Kondisi kedua, jika dalam kondisi sehat di tempat yang rendah atau bahkan tak ada tanda penularan virus corona, maka tetap wajib shalat Jumat dengan penuh kehati-hatian dan berikhtiar dengan sebaik-baiknya, seperti menjaga kebersihan dan selalu memelihara wudhu.

“Kata tidak melaksanakan ibadah Jumat itu berbeda dengan meniadakan Jumatan. Tidak melaksanakan sholat Jumat berarti bisa saja hanya dia sendiri yang tak melaksanakan shalat Jumat. Namun, meniadakan shalat Jumat berarti melarang semuanya untuk menyelenggarakan ibadah shalat Jumat,” katanya.

“Tentu meniadakan sholat jumat pasti bertentangan dengan semangat beragama dan melanggar kewajiban agama,” tegasnya.

Sumber : republika.co.id

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

PENGUMUMAN PENYELENGGARAAN IBADAH SHALAT DI MASJID RAYA JAKARTA ISLAMIC CENTRE

Read Next

DOA AGAR SELALU TERLINDUNGI DARI SEGALA PENYEBAB SAKIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − ten =