HADIR KONFERENSI INTERNASIONAL ASILHA, PPIJ SERAHKAN KITAB TAKHRIJ HADIS DURATUN NASIHIN

0
276

JIC– Membersamai Pusat Kajian Hadis (PKH), Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPIJ) atau Jakarta Islamic Centre (JIC) hadir dalam acara Konferensi Internasional Hadis Turats dan Peradaban Sains Modern, yang digagas Asosiasi Ilmu Hadis Indonesia (ASILHA) Rabu (13/9/2023).

Dalam pemaparannya Kadiv Komunikasi dan Penyiaran PPIJ, Ustadz Mohammad Zein, M.Si mengatakan, sebagai Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam yang ada di Jakarta, kami memiliki banyak program-program keumatan, terutama dibidang pendidikan dan pengkajian keislaman.

“Salah satu program kerja kami adalah melakukan kolaborasi yang diantaranya terkait dengan penerbitan buku-buku yang tentunya berkaitan dengan pengembangan Islam,” terang Ustadz M Zein di Al Hambra Granada Internasional Sidang Palai Karang Pawitan Garut.

“Sekarang ini, kami bekerjasama dengan Pusat Kajian Hadis (PKH) menerbitkan buku dari disertasi Dr. KH. Ahmad Lutfi Fathullah, Lc, MA, yang judul aslinya adalah kajian hadis Duratun Nasihin” tambahnya.

“Kemudian kami dan tim Jakarta Islamic Centre mencari judul yang lebih pas, lalu munculah judul Tahkrij Hadis Duratun Nasihin,” ujarnya.

“Kami berharap buku Takhrij Hadis Duratun Nasihin ini dapat menjadikan bekal pelajaran kepada para ulama dan para guru-guru yang memang konsen terhadap ilmu hadis,” tutupnya.

Dalam kesempatannya Ustadz M. Zein menyerahkan secara simbolis kitab Duratun Nasihin kepada ketua ASLIHA Prof Dr. Mohamad Anton Athoila, MM.

Senada dengan Ustadz Zein, Kasubdiv Informasi dan Komunikasi PPIJ mengatakan sebagai lembaga pengkajian keislaman, PPIJ perlu membangun jaringan kerjasama dengan lembaga-lembaga kajian hadis yang ada di Indonesia.

“Termasuk juga dengan lembaga pendidikan atau kampus-kampus yang memiliki kajian ilmu hadis,” katanya Ustadz Paimun Karim kepada islamic-center.or.id.

“Karna ini penting untuk JIC untuk mendorong penguasaan ilmu hadis di Indonesia,” terangnya.

“Semoga hadirnya PPIJ pada forum ini dapat menjalin kerjasama dalam pendidikan dan pengembangan ilmu hadis,” pungkasnya.

Tampak hadir mewakili Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPIJ) dalam acara Konferensi Internasional yang digelar setiap tahun ini diantaranya, Ustadz Herlan Intanpura, SE (Kadiv Takmir PPIJ), Ustadz M. Zein, M.Si (Kadiv Komunikasi dan Penyiaran PPIJ), Ustadz Paimun Karim, S.Si (Kasubdiv Infokom), Ustadz Farid Broto, ST (Kasubdiv Penerbitan), Ustadz Ade Suhandi, MM (Kasubdiv Penyiaran PPIJ).

Konferensi Internasional Hadis Turats dan Peradaban Sains Modern, yang digagas Asosiasi Ilmu Hadis Indonesia (ASILHA) ini dihadiri 12 negara sahabat dan 36 Kampus yang memiliki study ilmu hadis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here