PERPUSTAKAAN JIC GELAR PELATIHAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN ONLINE BERBASIS SLIMS

0
146
jic-adakan-pelatihan-pelayanan-perpustakaan-online-berbasis-slims

JIC– Pola pikir masyarakat yang semakin maju menyebabkan pesatnya perkembangan teknologi informasi di segala bidang kehidupan, salah satunya di bidang perpustakaan. Melihat hal tersebut Ka Subdiv Perpustakaan Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPIJ) atau Jakarta Islamic Centre (JIC) menggelar pelatihan Pelayanan Perpustakaan Secara Online Berbasis SLIMS.

Niswati Fatimah, S,IP mengatakan, acara yang digagasnya ini bertujuan untuk memudahkan pemustaka dan pustakawan untuk memanfaatkan teknologi informasi untuk layanan perpustakaan.

Karena menurutnya, perpustakaan tidak hanya sebagai sarana untuk mengumpulkan, mengelola, dan menyebarluaskan segala bentuk informasi baik tercetak maupun terekam dalam berbagai media seperti buku, majalah, surat kabar, film, kaset, tape recorder maupun video, tetapi juga memiliki fungsi pendidikan, fungsi informatif, fungsi rekreasi serta fungsi riset, dan penelitian. Dalam penyelenggaraan layanannya, pemanfaatan teknologi informasi.

Anis lebih lanjut mengatakan, dengan terbatasnya tenaga professional dalam dunia perpustakaan, pustakawan dituntut untuk dapat memberikan layanan secara cepat, efektif dan efisiesn dalam memudahkan pemustaka mengakses informasi yang tersedia.

“Dengan itu kami Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta menyelenggarakan pelatihan singkat dengan materi Mengonlinekan Layanan Perpustakaan Berbasis SLIMS,” terangnya kepada islamic-center.or.id, Rabu (6/9/2023).

Niswati Fatimah berharap, pelatihan Layanan Perpustakaan Berbasis SLIMS ini dapat memunculkan semangat belajar bagi para pustakawan untuk memanfaat teknologi yang terus berkembang.

“Mendorong pustakawan dalam memanfaatkan layanan perpustakaan secara online serta mengoptimalkan layanan Perpustakaan secara mudah dan efektif,” ujarnya.

Acara yang diselenggarakan di ruang foodcourt Jakarta Islamic Centre menghadirkan pembicara dari koordinator komunitas SLiMS (Senayan Library Management System) Ibnu Fatkhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here