MENGENAL KASTIL AL HAZM, SEBUAH MAHAKARYA ARSITEKTUR ISLAM

JIC – Kastil Al Hazm yang berada di Rustaq adalah salah satu kastil paling megah di Oman, bangunannya dibangun pada tahun 1708 menjelang akhir pemerintahan suku Al Yarubi atas Oman yang menjadikan Al Rustaq sebagai ibu kota pada saat itu.

Kastil ini memiliki jarak sekitar 160 km dari ibu kota, Muscat dan termasuk ke dalam daftar situs Warisan Dunia UNESCO bersama Benteng Al Rustaq.

Fitur terpenting dari bangunan utama Kastil Al Hazm adalah pintu kayu India yang rumit. Bangunan ini mampu menampilkan elemen arsitektur yang halus padahal dirancang dengan tujuan utama untuk pertahanan dan keamanan.

Dilansir dari Times of Oman, Ahad (14/11), ternyata kastil ini memiliki sejumlah ruangan lain, seperti penjara, masjid dan ruang kelas agama. Kemudian, ada juga falaj atau sistem irigasi yang mengalir di bawah kastil yang berfungsi untuk menyediakan air bagi pohon kurma dan pertanian lainnya di daerah tersebut.

Berdirinya Kastil Al Hazm adalah sebagai pengingat yang kuat akan sejarah kebanggaan Oman. Sekaligus menjadi warisan yang abadi.

Kementerian Pariwisata Oman menyebutkan bahwa kastil ini merupakan mahakarya arsitektur Islam dan tidak memiliki langit-langit kasau. Atapnya ditopang oleh tiang-tiang.

“Lebar setiap dinding tidak kurang dari tiga meter. Kastil ini, dengan menara berbenteng dan bukaan meriam di lantai atas, dibangun sedemikian rupa, sehingga berbagai pintu masuknya tidak terletak saling berhadapan,” tulis Kantor Berita Oman (ONA) baru-baru ini dalam sebuah artikel.

ONA menyebutkan, lebih dari 90 persen pekerjaan pemeliharaan Kastil Al Hazm di Rustaq telah selesai. Kemudian, penyelesaian pekerjaan pemeliharaan Kastil Al Hazm di wilayah Rustaq di Kegubernuran Al Batinah Selatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Warisan dan Pariwisata telah mencapai 95 persen.

Sumber : muslimahdaily.com

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

KUNJUNGAN WISATAWAN KE ISLAMIC CENTER MENINGKAT

Read Next

DKI JAKARTA JADI PROVINSI KASUS COVID TERTINGGI SELAMA SEPEKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + 6 =