Jakarta,JIC – Presiden Joko Widodo makan siang dengan para pemenang Festival Gapura Cinta Negeri yang berasal dari kabupaten Nduga dan kepulauan Yapen, Papua.

“Tadi ada tamu penting dari Nduga dan Yapen, kepala desa,” kata Presiden Joko Widodo saat membuka rapat terbatas (ratas) dengan topik “Percepatan Peta Jalan Penerapan Industri 4.0” di kantor presiden Jakarta, Selasa.

Makan siang itu dilakukan di salah satu ruangan di Istana Merdeka sebelum ratas dilangsungkan.

“Tadi makan dengan bapak, sama-sama makan. Tadi ada pesan agar anak-anak sekolah SD, SMP Wamena kembali ke Nduga. Itu untuk anak-anak sekolah membantu pembangunan dan pembangunan itu untuk masyarakat yang jualan di luar, jual di pasar,” kata Kepala Desa Distrik Mbua kabupaten Nduga Tekius Heluka seusai makan siang.

Dari kabupaten kepulauan Yapen ikut makan siang bersama Presiden Joko Widodo yaitu Kepala desa Kampung Mantenbu Otniel Matias Kayani, warga kampung Mantenbu Royland Worembay (29), warga kampung Mantenbu Amos Ayum (petani) dan humas Pemda Peter De Haan.

Sedangkan dari kabupaten Nduga hadir Kepala Desa Distrik Mbua Tekius Heluka, warga Distrik Mbua Gianus Kurungga (baru lulus SMA), dan warga kabupaten Wamena anggota HIPMI Papua Agung Rezki.

Pada Senin (2/9), Presiden sudah menyerahkan hadiah bagi para pemenang Festival Gapura Cinta Negeri.

Sepuluh pemenang kategori umum adaIah Sriyanta dari Kabupaten Boyolali, Eko Siswanto dari Kota Semarang, Moh Nurrohman dari Kabupaten Rembang, Roni Sintiu dari Kota Batu, Otniel Kayani dari kabupaten Kepulauan Yapen, Dede Rahmat dari kabupaten Bandung Barat, Arief Rahman dari kota Banjarmasin, Ramsyah ST dari kabupaten Kutai Kartanegara, Mahgodie Idris dari kota Palembang, dan Riyadi dari kabupaten Magelang.

Sementara tiga pemenang Festival Gapura Cinta Negeri kategori Lembaga/Instansi/Perusahaan/Organisasi adalah PT. Varash Saddan Nusantara dari kota Denpasar, SMA Kristen Barana dari kabupaten Toraja Utara, dan Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Kamo dari DKI Jakarta.

Seluruh pemenang Festival Gapura mendapatkan hadiah berupa uang, piagam dan piala, serta surat penghargaan elektronik.