DITENGAH KETERBATASAN, WARGA PALESTINA BANTU PENGUNGSI SURIAH

0
251

JIC- Ditengah keterbatasan, minoritas Arab Israel, warga Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza telah mengumpulkan $ 10 juta dalam waktu kurang dari sebulan untuk membangun rumah bagi para pengungsi Suriah.

“Idenya adalah mengumpulkan 100 pemanas untuk 100 rumah. Kemudian kami menemukan bahwa orang-orang membantu dan kami memiliki banyak barang,” kata Ibrahim Khalil seorang aktivis sosial.

Selama enam tahun terakhir, warga Palestina telah menyumbangkan makanan dan kebutuhan pokok lainnya kepada pengungsi Suriah di wilayah Idlib yang berbatasan dengan Turki melalui lembaga kemanusiaan Merciful Souls.

“Namun jumlah sumbangan pada musim dingin ini belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Raed Badr kepala organisasi Merciful Souls.

Dia percaya video yang beredar di media sosial tentang anak-anak yang menderita kedinginan di salju memotivasi orang untuk membuka kantong mereka.

“Suatu hari, saya berharap mereka akan memindahkan kami ke rumah karena hujan menenggelamkan tenda kami,” kata Nada, 11 tahun, seorang gadis yatim piatu yang tinggal bersama neneknya, dalam satu video yang tersebar.

“Rencananya akan dibangun sekitar 3.000 unit rumah,” terang Badr. “Konstruksi juga akan mencakup klinik dan sekolah, berdasarkan model yang dipublikasikan di situs web organisasi,” tambahnya.

Khalil lebih lanjut mengatakan, penyelenggara berharap pembangunan rumah akan selesai dalam enam hingga delapan bulan.

Seruan untuk kontribusi menjadi viral di media sosial dengan tagar bahasa Arab “rumah bukan tenda.”

“Gambar-gambar keluarga terlantar di Suriah menggetarkan hati orang-orang Palestina karena mereka telah menderita sebagai pengungsi yang tinggal di tenda selama bertahun-tahun, setelah mereka diusir dari rumah mereka atau melarikan diri dalam perang yang mengelilingi ciptaan Israel pada tahun 1948,” kata Khalil.

Perang saudara di Suriah, yang muncul dari pemberontakan melawan pemerintahan Presiden Bashar al-Assad pada tahun 2011, menyebabkan krisis pengungsi terbesar di dunia. Perang telah menewaskan sekitar setengah juta orang dan menelantarkan beberapa juta lainnya. [fan]

Sumber: alarabiya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here