SEDEKAH ADALAH AMALAN YANG ISTIMEWA: PENGERTIAN, MANFAAT, JENIS & KEUTAMAANNYA

JIC – Sedekah adalah istilah yang familiar di kalangan umat Islam. Sedekah dianjurkan bagi seluruh umat Islam dalam berbagai bentuk sesuai kemampuannya. Bersedekah adalah salah satu jalan untuk mensejahterakan sesama umat manusia. Sedekah adalah pemberian seseorang yang diberikan secara cuma-cuma tanpa melihat jumlah dan waktunya. Sedekah berbeda dengan zakat maupun infak. Zakat dan infak memiliki ketentuan yang mengaturnya. Tetapi sedekah tidak terikat aturan alias bisa dilakukan kapan saja dalam bentuk bebas.

Pengertian Sedekah

Sedekah berasal dari bahasa Arab yang artinya pemberian kepada orang lain secara cuma-cuma tanpa melihat jumlah dan waktunya. Menurut laman baznas, sedekah berasal dari kata ‘Shadaqah’, yang berasal dari kata sidq yang artinya kebenaran. Menurut peraturan baznas, sedekah adalah harta atau non harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum. Sedekah adalah amalan yang sangat dicintai Allah SWT. Hal inis esuai dengan firman-Nya dalam surat Al-Baqarah ayat 271, yang artinya:

Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Manfaat Sedekah

Manfaat sedekah adalah bukan hanya bisa meringankan beban bagi yang menerimanya, melainkan juga bermanfaat bagi kelangsungan hidup orang yang memberinya. Sedekah sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Di antara manfaat sedekah adalah sebagai berikut:

  • Sebagai penolak balak atau marabahaya.
  • Membuka pintu rezeki.
  • Memperpanjang umur.
  • Menyembuhkan penyakit.
  • Melipat gandakan rezeki.
  • Sebagai naungan di hari kiamat.
  • Menghapus dosa.

Jenis-Jenis Sedekah

Pemberian sedekah biasanya diidentikkan dengan pemberian sebagian harta seperti uang atau barang atau perhiasan. Intinya tidak ada pembatasan dan tidak ada aturan mengenai berapa pun yang mau disedekahkan. Harta bukanlah satu-satunya yang bisa disedekahkan karena masih ada jenis-jenis sedekah lainnya yang juga dianjurkan, yaitu:

  • Sedekah Barang

Sedekah barang bisa berupa sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Misalnya memberikan pakaian dan makanan yang berguna bagi korban bencana alam atau para tunawisma. Memberikan sedekah berupa barang sebaiknya dalam bentuk barang yang masih layak kondisinya. Jangan sampai menyedekahkan barang yang sudah tidak baik kondisinya.

Jenis-Jenis Sedekah Lainnya

  • Sedekah Tenaga

Selain barang, jenis sedekah adalah sedekah tenaga. Sedekah tenaga bisa berbentuk kerja bakti di lingkungan rumah, menghidupkan organisasi atau lembaga, menjadi relawan bencana alam, membersihkan tempat ibadah, dan lain sebagainya. Sedekah tenaga ini bisa dilakukan tidak hanya khusus yang berkaitan dengan agama Islam saja, tetapi bisa antar agama, antar suku dan antar bangsa.

  • Sedekah Senyuman

Dalam suatu riwayat Nabi SAW, mengatakan bahwa sedekah yang paling mudah dilakukan adalah dengan melemparkan senyum kepada orang lain.

Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah bagimu,” (HR. Tirmidzi).

Selain itu juga terdapat dalam hadis lain yang artinya:

Janganlah engkau meremehkan kebaikan sedikitpun, meskipun hanya dengan bertemu saudaramu dengan wajah yang berseri (tersenyum),” (HR. Muslim).

·         Sedekah Nasihat

Jenis sedekah selain harta yang tak kalah penting adalah nasihat. Nasihat yang baik juga merupakan sedekah. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abi Dzar, Rasulullah SAW bersabda:

“Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah, perintahmu untuk berbuat baik dan mencegah kemungkaran adalah sedekah, petunjukmu kepada seseorang yang tersesat adalah sedekah, menuntun orang yang kabur penglihatannya adalah sedekah, kamu menyingkirkan batu, duri, dan tulang dari jalan (yang dapat membahayakan pengguna jalan) adalah sedekah, dan engkau menuangkan air dari embermu ke ember saudaramu adalah sedekah.” (HR Tirmidzi).

Keutamaan Sedekah

Keutamaan sedekah akan dipaparkan di bawah ini:

  • Sedekah Tidak Mengurangi Harta

Dalam sebuah hadis dijelaskan dengan bersedekah maka tidak akan memengaruhi atau mengurangi harta yang dimiliki. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW. Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR Muslim).

Meskipun secara tersurat harta terlihat berkurang karena sedekah, namun kekurangan tersebut akan ditutupi dengan pahala di sisi Allah SWT dan akan terus bertambah kelipatannya menjadi lebih banyak.

Allah SWT telah menjanjikan hal tersebut sesuai dengan firman-Nya dalam Al-Quran surat Saba’ yang artinya:

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki sebaik-baiknya.” (Q.S. Saba ayat 39).

Keutamaan Sedekah Selanjutnya

  • Sedekah Menghapus Dosa

Sebagai manusia yang pasti selalu diliputi dosa-dosa, umat Islam senantiasa diberikan jalan untuk berkesempatan menghapus dosa-dosanya melalui sedekah.

Sedekah adalah ibadah yang istimewa karena bisa memudahkan umat Islam untuk menghapus dosa-dosa. Rasulullah SAW bersabda:

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi).

  • Sedekah Melipatgandakan Pahala

Sedekah akan memberikan banyak keistimewaan kepada para pelakunya, salah satunya adalah Allah SWT akan memberikan pahala yang berlipat ganda agi orang yang mau bersedekah.

Sesunggunya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Q.S. A-l-Hadid ayat 18).

Sumber : dream.co.id

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

ISLAMOFOBIA BAYANGI AUSTRALIA, AMAN UNTUK MINORITAS MUSLIM?

Read Next

INILAH MANFAAT DZIKIR YANG LUAR BIASA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 7 =