SETELAH TERHENTI KARENA PANDEMI COVID-19, JIC KEMBALI GELAR JIEF 4 TAHUN 2022

JIC- Transformasi Digital Pendidikan Islam menjadi tema sentral gelaran Jakarta Islamic Education Fair (JIEF) 2022. Event pameran pendidikan Islam terbesar di Jakarta yang dilaksanakan oleh Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Centre) dibuka secara resmi oleh Walikota Jakarta Utara, Dr. H. Ali Maulana Hakim, S.IP, M.Si hari ini Kamis, 3 November 2022.

Dalam sambutan pembukaan JIEF 2022, Ali Maulana Hakim menegaskan dukungan dan apresiasinya atas pelaksanaan acara ini agar dapat dilaksanakan secara rutin demi mensyiarkan tema-tema yang dibahas dalam acara ini.

“Pameran ini memiliki dengan tujuan ingin meningkatkan dan mengembangkan potensi pendidikan, khususnya Pendidikan Islam yang ada di Jakarta”, tegas Kepala Pusat PPIJ, KH. M. Subki. Lc.

KH Subki juga menjelaskan bahwa di Jakarta ini banyak berdiri pendidikan-pendidikan Islam, mulai dari madrasah-madrasah Ibditadiyah Tsanawiyah, Aliyah dan lain sebagainya. Di Jakarta juga banyak berdiri pondok pesantren dan juga pondok pesantren yang secara spesifik  berasrama, baik yang berskala daerah, regional maupun internasional. Salah satunya misalkan di JIC hadir Pondok Tahfzih Sulaimaniyah yang berskala Internasional.

Melalui JIEF keempat ini, KH Subki berharap agar momentum pameran JIEF 2022 ini dapat memberikan pengaruh positif dari lembaga-lembaga pendidikan yang sudah maju kepada lembaga-lembaga lain. Hal ini penting untuk meningkatkan skala pendidikan Islam di Jakarta khususnya dan Indonesia pada umumnya. Terlebih kondisi hari ini, semua sektor sudah mengarah ke digitalisasi, baik sadar maupun terpaksa untuk beralih bertransformasi, termasuk sektor Pendidikan.

“Ada hikmah yang penting dari musibah Covid-19 sehingga mendorong peningkatan kapasitas diri manusia, khususnya menuju era transformasi digital ini. Dan sebagai lembaga dakwah di Jakarta, PPIJ ingin mendorong terus agar lembaga-lembaga pendidikan Islam mendapatkan hak, meningkatkan diri mewujudkan transformasi digital ke arah yang lebih baik,’ tambah KH Subki.

JIEF 2022 adalah perhelatan keempat kalinya pameran pendididikan Islam yang dilaksanakan JIC. Event perdana dilaksanakan pada tahun 2017, 2018 dan 2019. Kemudian terhenti selama dua tahun karena pandemi Covid-19. Acara yang akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 3-5 November 2022  ini menghadirkan sejumlah tokoh dan public figure diantaranya Prof. Dr.-Ing. Ir. Kalamullah Ramli, M.Eng,  Dr. KH. Ahmad Satori Ismail, Dr. Bambang Sulistomo (Putra Bung Tomo), Hj. Sri Vira Chandra, MA, Kodariyah Nurhayat, S.Psi.,M.Psi, Dr. Hj. Oki Setiana Dewi dan Arie Untung.

DEngan dukungan fasilitas dan jejaring kerja yang dimiliki, Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPIJ) merasa perlu ikut ambil bagian dalam upaya inisiasi, kreasi dan katalisasi pengembangan pendidikan, baik di Jakarta, Indonesia bahkan dunia.

[pai/JIC]

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

PERHELATAN JAKARTA ISLAMIC EDUCATION FAIR DIGELAR HARI INI

Read Next

JIEF JIC, UPAYA BERIKAN PENGARUH POSITIF KE DUNIA PENDIDIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Konsultasi Online JIC
Kirimkan pertanyaan kepada kami...