SULSEL MASUK PRIORITAS PENCANANGAN TAHUN KERUKUNAN 2022

0
209
Indeks kerukunan umat beragama

JIC, MAKASSAR — Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Selatan H Khaeroni mengatakan hasil Indeks Kerukunan Umat Beragama (IKUB) menempatkan Sulsel selalu di atas nasional dalam tiga tahun terakhir, sehingga masuk prioritas pencanangan Tahun Kerukunan 2022.

“Suatu kesyukuran atas hasil IKUB yang dirilis baru-baru ini bahwa Provinsi Sulsel pencapaiannya berada di atas rata rata nasional,” kata Khaeroni, Ahad (9/1/2022).

Menurut dia, capaian IKUB tersebut menjadikan Sulsel menjadi salah satu daerah di Indonesia yang masuk dalam prioritas pencanangan Tahun Kerukunan pada 2022. Berkaitan dengan hal itu, Kakanwil berterima kasih atas partisipasi semua pihak yang telah membantu dan mendukung capaian IKUB di Sulsel dan di masing-masing daerah.

Dia mengatakan kerukunan antar umat ini penting, karena menjadi faktor utama dalam mendongkrak perkembangan dan kemajuan ekonomi bagi rakyat dan daerah. Hal itu sekaligus menjadi indikator dari IKUB yang dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

Sebagai gambaran, IKUB Sulsel pada 2017 angkanya sebesar 74, lalu pada 2018 angkanya sebesar 71,3 dan pada 2019 angkanya mencapai 75,67. Begitu pula pada 2020 dan 2021 selalu diatas angka 75 atau lebih tinggi dibanding rata-rata IKUB nasional yang hanya berada pada angka 73.

Khaeroni berharap prestasi demi prestasi yang ditorekan Sulsel akan memberikan dampak positif dan multiplier efek bagi masyarakat Sulsel.

Sumber : ihram republika. co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here