TIM FALAKIYAH JIC: HILAL TERHALANG DI PULAU KARYA

0
117

JIC– Setelah sebelumnya Tim Falakiyah Jakarta Islamic Centre (JIC) melakukan rukyatu hilal awal Ramadhan 1444 Hijriah di Pulau Tidung Kepulawan Seribu, kini Tim Falakiyah JIC kembali melakukan kegiatan rukyatul hilal di Pulau Karya yang merupakan salah satu Pusat Observasi Bulan (POB) se-Indonesia.

Kepala Subdivisi Pendidikan dan Pelatihan Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPIJ) mengatakan, menurut hasil perhitungan TIM Falakiyah JIC diperoleh data bahwa sudah terjadi ijtima’ atau konjungsi pada Kamis, 20 April 2023 jam 11.12.27 WIB.

“Posisi bulan dan matahari saat matahari terbenam, ghurub, pada Kamis, 20 April 2023 hilal ada diketinggian 01 derajat 56 menit 30 detik dengan sudut elongasi 03 derajat 32 menit 04 detik,” terang Ustaz Arief Rahman Hakim kepada islamic-center.or.id di Pulau Karya Kepulauan Seribu, Kamis (20/4/2023).

 

“Namun sepanjang pantauan kami di lapangan, hilal tertutup awan tebal,” terangnya.

Lebih lanjut Ustadz Arief menegaskan terkait penentuan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah Tim Falakiyah JIC tetap akan menunggu keputusan pemerintah melalui proses sidang isbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag).

Seperti diberitakan sebelumnya Kemenag akan melakukan sidang isbat pada Kamis (20/4/2023).

“Jika pada saat sidang isbat nanti, Tim Kemenag yang melaksanakan rukyat hilal di seluruh wilayah Indonesia tidak ada yang melihat hilal, maka Ramadhan 1444 H digenapkan menjadi 30 hari,” pungkasnya.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here