UPAYA WUJUDKAN PPIJ SEBAGAI PUSAT RISET PERADABAN ISLAM, JIC GELAR FGD JURNAL ISLAM

0
208
upaya-wujudkan-ppij-sebagai-pusat-riset-peradaban-islam-jic-gelar-fgd-jurnal-islam

JIC– Jakarta Islamic Centre atau Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPIJ) sebagai sebuah lembaga yang lahir pada tahun 2003 telah cukup banyak menghasilkan produk riset dan penerbitan.

Selain itu, sudah banyak dari kalangan mahasiswa baik Sarjana S1, S2 dan S3 dari perguruan dalam dan luar negeri yang melakukan riset di PPIJ baik terkait dengan kesejarahannya, bangunan fisiknya maupun tentang program dan keaktifan yang dilakukan di PPIJ.

Namun seluruh aktivitas riset dan penerbitan PPIJ tersebut belum dilanjutkan dalam bentuk jurnal Islam, masih sebatas dalam bentuk pemberitaan di media dan penerbitan buku. Oleh karenanya, untuk mewujudkan peran besar sebagai pusat riset peradaban Islam dunia dengan jurnal Islam yang terakreditasi, PPIJ menginisiasi Focus Group Discussion (FGD) Brainstorming Jurnal Islam dan Peradaban.

Kepala Pusat PPIJ, Dr KH. Didi Supandi, MA mengatakan, bahwa maksud dan tujuan dari penyelenggaraan FGD Jurnal Islam PPIJ ini di antaranya adalah, untuk memperoleh wawasan perkembangan jurnal ilmiah Islam baik dari tinjauan akademis maupun tinjauan kelembagaan.

“Juga dari pertemuan ini diharapkan dapat memperoleh informasi tentang tata kelola jurnal Islam dari kalangan akademisi, peneliti, pengelola jurnal dan stakeholder lainnya,” ujarnya kepada islamic-center.or.id, Rabu (22/5/2024).

Kiai Didi berharap dari hasil dari FGD ini dapat merumuskan dan konsep jurnal yang akan dikembangkan oleh Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta baik online maupun cetak.

“Sehingga ke depannya dari penyelenggaraan FGD Brainstorming Jurnal Islam PPIJ adalah terwujudnya PPIJ sebagai Pusat Riset Peradaban Islam Dunia,” pungkas Kiai Didi.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Ketua Kelompok Mental Spiritual Biro Dikmental Prov. DKI Jakarta, H. Aceng Zaeni ini menghadirkan dua narasumber yakni, Dr. Rihlah Nur Aulia, MA dari Universitas Negeri Jakarta dan Alfried Lazuardi, SM, MM dari UNIV Repository Indonesia.

Acara yang digawangi Divisi Komunikasi dan Penerbitan PPIJ juga mengundang peserta aktif di antaranya Dr. Tony Rosyid (Dewan Pengarah PPIJ), Dr. KH. Mulawarman, MA (Dewan Pengarah PPIJ), Rusydan Fathy, M.Si (Editor Jurnal Masyarakat dan Budaya BRIN Pusat), Lukmanul Hakim, Ph.D (Reviewer Jurnal Heritage Nusantara Kemenag RI), Dr. Mastori, MA (Univ. Islam Asy-Syafiiyah), Shoqid Ramadhan (Jurnalis Media Islam). [fan]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here