BRIN APRESIASI FGD BRAINSTORMING JURNAL ISLAM DAN PERADABAN PPIJ

0
136
brin-apresiasi-fgd-brainstorming-jurnal-islam-dan-peradaban-ppij

JIC- Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memberikan apresiasinya kepada Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPIJ) yang telah menggelar Focus Group Discussion (FGD) Brainstorming Jurnal Islam dan Peradaban pada, Rabu (22/5/2024).

Rusydan Fathy, M.Si (Redaktur Pelaksana Jurnal Masyarakat dan Budaya BRIN Pusat) menilai acara yang digagas Divisi Komunikasi dan Penyiaran PPIJ ini dapat menumbuhkan jurnal ilmiah dalam komunitas akademik dan menurutnya kegiatan FGD jurnal ini telah sejalan dengan visi dan misi dari Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta.

“Acara ini sangat bagus karena akan dapat menumbuhkan jurnal ilmiah pada komunitas akademik dan tentunya ini selaras dengan visi misi dari Jakarta Islamic Centre itu sendiri,” kata Rusydan kepada islamic-center.or.id, di Hotel Gren Alia Jakarta Pusat.

Rusydan berharap selepas Focus Group Discussion (FGD) Brainstorming Jurnal Islam dan Peradaban, PPIJ perlu segera merumuskan tentang nama dan scope jurnalnya serta menyiapkan tim pengelolanya supaya bisa konsisten dalam menerbitkan jurnal dan terakreditasi nantinya.

“Ke depannya PPIJ bisa konsisten dalam menerbitkan jurnal-jurnal ilmiahnya yang sedang dirumuskan melalui acara FGD pada hari ini,” ujarnya.

Target PPIJ

Kepala Pusat PPIJ Dr KH Didi Supandi, Lc, MA., mengatakan, penerbitan jurnal Islam dan Peradaban merupakan hal utama dan penting yang akan dilakukannya. Ia bahkan menergetkan, pada tahun ini dapat menerbitkan dua kali jurnal tersebut, pada pertengahan dan akhir tahun.

“Pengembangan riset ilmu pengetahuan harus terus dilakukan,” ungkap Kiai Didi saat menyampaikan pidato pembukaan FGD.

Bagi PPIJ, kata Kiai Didi, penerbitan jurnal ini merupakan langkah lanjut setelah mendapatkan ISO 9001: 2015 dalam manajemen mutu skala internasional dan telah dilakukan kerja sama antara JIC dengan berbagai perguruan tinggi di dalam dan luar negeri.

Kiai Didi juga menegaskan, pentingnya jurnal sebagai kontribusi pada ilmu pengetahuan dan riset bukan hanya untuk kebutuhan lembaga. Namun juga untuk kebutuhan nasional dan internasional.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Ketua Kelompok Mental Spiritual Biro Dikmental Prov. DKI Jakarta, H. Aceng Zaeni ini menghadirkan dua narasumber yakni, Dr. Rihlah Nur Aulia, MA dari Universitas Negeri Jakarta dan Alfried Lazuardi, SM, MM dari UNIV Repository Indonesia.

FGD ini juga dihadiri Para Kepala Divisi PPIJ dan peserta aktif di antaranya, KH M. Nasir Zein, MA (Kadiv Kepala Divisi Pendidikan, Pengkajian dan Perpustakaan PPIJ), Ustaz Herlan Intanpura (Kadiv Takmir PPIJ), Ustaz Sukri Kardjono (Kadiv Umum PPIJ), Ustaz Moh Zein, M.Si (Kadiv Komunikasi dan Penyiaran PPIJ), Dr. Tony Rosyid (Dewan Pengarah PPIJ), Dr. KH. Mulawarman, MA (Dewan Pengarah PPIJ), Rusydan Fathy, M.Si (Editor Jurnal Masyarakat dan Budaya BRIN Pusat), Lukmanul Hakim, Ph.D (Reviewer Jurnal Heritage Nusantara Kemenag RI), Dr. Mastori, MA (Univ. Islam Asy-Syafiiyah), Shoqid Ramadhan (Jurnalis Media Islam).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here