KETIKA MASUK MASJID, MENGUCAPKAN SALAM ATAU SHALAT TAHIYAT DULU?

JIC – Masjid merupakan tempat ibadah kepada Allah atau biasa disebut dengan buyutullah. Karena itu, ketika kita hendak memasukinya, kita sangat dituntut untuk memasukinya dengan adab dan etika yang baik. Di antaranya adalah dengan mengucapkan salam dan melakukan shalat Tahiyatul Masjid. Di antara keduanya, sebaiknya mana yang lebih didahulukan, apakah langsung mengucapkan salam lalu shalat Tahiyat, atau shalat Tahiyat lalu mengucapkan salam?

Menurut Imam Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyyah, shalat Tahiyatul Masjid dianjurkan untuk dilakukan terlebih dahulu sebelum mengucapkan salam pada orang-orang yang berada di dalam masjid. Ini karena shalat Tahiyatul Masjid merupakan hak Allah dan masjid, sementara mengucapkan salam adalah hak manusia, dan sudah maklum bahwa hak Allah dan menghormati masjid lebih baik untuk didahulukan dibanding menghormati hak manusia.


Oleh karena itu, ketika kita memasuki masjid, maka kita sebaiknya langsung melaksanakan shalat Tahiyatul Masjid terlebih. Setelah selesai shalat Tahiyatul Masjid, baru kita mengucapkan salam pada orang-orang yang berada di dalam masjid.

Ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyah dalam kitab Zadul Ma’ad fi Khairil ‘Ibad berikut;

ومن هديه صلى الله عليه وسلم أن الداخل إلى المسجد يبتدئ بركعتين تحية المسجد، ثم يجئ فيسلم على القوم فتكون تحية المسجد قبل تحية أهله، فإن تلك حق الله تعالى والسلام على الخلق هو حق لهم، وحق الله فى مثل هذا أحق بالتقديم

Termasuk petunjuk Nabi Saw adalah bahwa orang yang memasuki masjid, dia dianjurkan untuk terlebih dahulu memulai melaksanakan shalat Tahiyatul Masjid, kemudian dia mengucapkan salam pada orang-orang yang berada dalam masjid. Sehingga dengan demikian menghormati masjid lebih didahulukan dibanding menghormati penghuninya. Shalat Tahiyatul Masjid adalah hak Allah, dan salam adalah hak manusia, dan hak Allah dalam masalah ini lebih berhak untuk didahulukan.

Dengan demikian, berdasarkan keterangan di atas, dapat diketahui bahwa ketika kita masuk masjid, maka sebelum masuk kita dianjurkan untuk membaca doa, kemudian melaksanakan shalat Tahiyatul Masjid, dan baru kemudian mengucapkan salam pada orang-orang yang berada di dalamnya.

Sumber : bincangsyariah.com

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

TIMBANGAN AMAL PERBUATAN PALING ADIL ADA DI AKHIRAT

Read Next

SM DALAM MENYAMBUT TAHUN 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + seven =