MASJID AL AQSHA DELATINOS BAGIKAN BINGKISAN RATUSAN JUTA

Masjid di kawasan BSD, Tangerang, Al Aqsha Delatinos.
Pembagian ini merupakan kegiatan rutin saat ramadhan sejak tahun 2014.

JIC, TANGERANG SELATAN — Masjid Al Aqsha Delatinos BSD dalam ramadhan 1442 Hijriyah kali ini membagikan 3.438 bingkisan senilai total Rp 515.700.000,. Bingkisan berisi bahan pokok ini dibagikan kepada kepada kaum dhuafa, yayasan yatim piatu, pesantren serta mereka yang menjadi subsistem pendukung kehidupan di lingkungan Delatinos BSD mulai dari asisten rumah tangga (ART), penyapu jalan, sekuriti, sampai ojek.

Pembagian bingkisan Share & Care (S&C) yang bertitel ‘Ramadhan Mabrur’ ini sudah ditunggu banyak pihak di lingkungan Delatinos. Bingkisan itu terdiri dari  beras, minyak goreng, mi, dan beberapa bahan pangan lain sangat berarti saat pandemi. “Kami harus menyediakan berasnya saja 17 ton,” ungkap Sekjen Masjid Al Aqsha Delatinos, Yayan Mulyana, dalam siaran persnya, Selasa (4/5).

Kegiatan yang langsung di bawah biro sosial Masjid Al Aqsha ini dijalani dengan memperhatikan dengan protokol kesehatan. “Kalau dulu, bisa sehari selesai,  kini, kami butuh seminggu untuk mendistribusikan bingkisan ini,” Kata Yayan lagi.

Yayan menjelaskan, bahwa yang paling penting adalah tidak ada kerumunan di masjid, namun orang tetap bahagia menerima bingkisan. Maka tak heran jika beberapa pengurus juga turun langsung untuk memberikan bingkisan yang sebagian diantarkan ke rumah-rumah tempat PRT dan sopir bekerja. Begitu juga untuk 15 RT di tiga kelurahan, Rawabuntu, Serpong, dan Setu.

Pembagian ini merupakan kegiatan rutin saat ramadhan sejak tahun 2014. Yang menarik, bahwa sejak hulu sampai hilir, semua ditangani oleh masjid bersama AqshaMart, devisi supermarket di bawah masjid.  “Ini adalah langkah berbagi yang dananya dihimpun dari jamaah saat bulan Ramadhan, lalu dirupakan barang oleh AqshaMart, lalu dibagikan kepada mereka disekitar Delatinos,” kata Abu Humaira, ketua DKM Masjid Al Aqsha Delatinos.

Meskipun tahun 2021 ini  DKM berhasil membagi 3.438 bingkisan, tetapi jumlah itu sedikit turun dibanding tahun 2020 yang mencapai 3.551 bingkisan. Meski begitu jumlah itu masih tergolong tertinggi kedua dalam sejarah pengumpulan bingkisan.

Masjid ini berhasil mengelola bingkisan ini dari hulu sampai hilir.  Uang yang sudah disumbangkan oleh jamaah kemudian diserahkan kepada AqshaMart yang menyiapkan beras 17 ton lebih serta, minyak, gula, terigu, sardin dan paket lainnya.  Kemudian DKM mendaftar PRT, sopir, dan semua orang yang bersentuhan dengan hajat keseharian warga.

Tahun 2019, DKM menyiapkan 3.107 paket sembako, tahun 2020 saat pandemi, DKM menaikkan jumlah penerima paket menjadi 3.551. Kenaikan paket ini juga diikuti oleh jumlah donatur, tahun 2019 hanya 478, tahun 2021, naik menjadi 576 donatur dan tahun ini turun menjadi 555 donatur saja.

Sejak tahun 2010 pelaksanaanya dikoordinir oleh Yayasan Kerukunan Keluarga Muslim Delatimos (KKMD) baru tahun 2013 dijalankan sepenuhnya oleh DKM Al Aqsha Delatinos. Tahun 2019, nilai paketnya hanya Rp 125 ribu,  dan pada tahun 2020 sampai hari ini, nilai paket naik menjadi Rp 150 ribu.

Juwargani, salah satu driver di kawasan komplek Delatinos itu menyatakan salut, karena bingkisan ini selalu datang menjelang hari raya. “Lumayan buat tambahan lebaran di rumah,” katanya.

Kini saat sulit seperti ini, Share & Care menjadi salah satu program andalan, selain pemberian takjil dan buka kepada pemakai jalan, bedah rumah dan beberapa program unggulan lain.

Abu Humaira juga mengatakan bahwa ini adalah gambaran tanggungjawan jamaah masjid kepada saudara-saudaranya yang dekat dengan masjid. “Ini implementasi bahwa masjid bisa digunakan untuk saling membantu dan meningkatkan kepekaan terhadap sekitar, apalagi saat pandemi seperti ini. Memang sebagian dari kita sulit, tetapi ada yang lebih sulit lagi. Inilah gunanya saudara Muslim,” katanya.

Sumber : Republika.co.id

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

KASUS AKTIF COVID-19 DI DKI NAIK DALAM 2 PEKAN TERAKHIR

Read Next

JAGA SHOLAT ISYA DAN SUBUH UNTUK RAIH LAILATUL QADAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 3 =