NIAT SALAT GERHANA BULAN

Peristiwa Gerhana Bulan Sebagian (GBS) diperkirakan bakal terjadi pada hari ini, Jumat (19/11). Berikut tata cara, bacaan, dan amalan salat gerhana bulan. (AFP PHOTO / PATRIK STOLLARZ)

Setelah mempelajari hukum, dan hal-hal terkait tentang salat gerhana bulan, berikut tata cara pelaksanaannya:
Sebelum salat dimulai, untuk jamaah dapat mengucapkan “As-Shalâtu jâmi’ah.”

Niat salat gerhana bulan
Arab: أُصَلِّي سُنَّةَ الخُسُوفِ رَكْعَتَيْنِ إِمَامً/مَأمُومًا لله تَعَالَى

Latin: Ushalli sunnatal khusuf rak’ataini imaman/makmuman lillahi ta’ala
Artinya: Saya niat salat sunah gerhana bulan dua rakaat sebagai imam/makmum karena Allah SWT.

Itu lah tata cara salat gerhana. Saat fenomena gerhana muncul tidak hanya salat dan mendengarkan khutbah yang dapat dijadikan amalan, Namun ada beberapa amalan lain yang dapat dilaksanakan. Berikut amalan yang dapat dilakukan setelah salat gerhana bulan.

1. Sedekah
Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah, dan tidak akan mengalami gerhana disebabkan karena mati atau hidupnya seseorang. Jika kalian melihat gerhana, maka perbanyaklah berdoa kepada Allah, bertakbirlah, dirikan salat dan bersedekahlah” ( HR. Bukhari)

Melalui hadis di atas, umat muslim disunahkan untuk bersedekah ketika gerhana bulan terjadi.

2. Zikir dan doa
Seperti hadis yang disebutkan di atas, berdoa juga jadi amalan yang baik apabila dilaksanakan ketika gerhana bulan.

Namun dalam buku ‘Fiqih Shalat Gerhana’ yang ditulis oleh Isnan Ansort, Lc., M.Ag, tertulis bahwa dzikir dan istigfar juga bisa diperbanyak selama peristiwa gerhana. Hal ini merujuk pada ayat dan hadits berikut:

“Dari Abu Musa berkata: Rasulullah Saw bersabda: Inilah dua tanda-tanda yang Allah kirimkan, ia tidak terjadi karena hidup atau matinya seseorang, tetapi “(Dia, Allah mempertakuti hamba-hamba-Nya dengannya)” (Qs. Az-Zumar: 16).

“Maka jika kalian melihat sesuatu padanya (gerhana), maka segeralah untuk mengingat Allah, berdoa dan meminta ampunan.” (HR. Bukhari).

Itu lah tata cara salat gerhana bulan dan beberapa amalan lain, yang bisa dilakukan pada saat munculnya fenomena gerhana bulan. Semoga Allah SWT menerima amalan sunah yang dilakukan umatnya dengan sungguh-sungguh.

(tim/agn)

Sumber : cnnindonesia.com

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

TATA CARA SALAT GERHANA BULAN, NIAT, BACAAN, DAN AMALAN

Read Next

KEMENAG ANJURKAN UMAT SALAT GERHANA JUMAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 5 =